Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Swedia Tutup Penyelidikan Ledakan Pipa Nord Stream, Tidak Ada Kejelasan Sampai Sekarang

Jaksa di Swedia mengumumkan pada Rabu (7/2/2024), bahwa mereka telah menyelesaikan penyelidikan insiden yang terjadi pada bulan September 2022 lalu.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Swedia Tutup Penyelidikan Ledakan Pipa Nord Stream, Tidak Ada Kejelasan Sampai Sekarang
Kementerian Pertahanan Denmark
Lokasi kebocoran pipa Nord Stream. - Jaksa di Swedia mengumumkan pada Rabu (7/2/2024), bahwa mereka telah menyelesaikan penyelidikan insiden yang terjadi pada bulan September 2022 lalu itu, hampir tujuh bulan setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Swedia telah menutup penyelidikan terhadap ledakan pipa Nord Stream, yang sampai sekarang tidak ada kejelasan.

BBC melaporkan, Stockholm mengaku sudah menghentikan penyelidikan yang terkait dengan ledakan yang melumpuhkan jaringan pipa Nord Stream Rusia.

Jaksa di Swedia mengumumkan pada Rabu (7/2/2024), bahwa mereka telah menyelesaikan penyelidikan terkait insiden yang terjadi pada bulan September 2022 lalu itu, - terjadi hampir tujuh bulan setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, lapor Al Jazeera.

Hingga saat ini, ledakan pipa Nord Stream 1 dan Nord Stream 2 masih belum dapat dijelaskan dengan gamblang.

Teror misterius itu terjadi saat bersamaan ketika Eropa berupaya untuk menghentikan impor gas Rusia dalam jumlah besar yang mereka kirim ke Jerman, dan Kremlin, Ukraina, dan negara-negara Barat saling bertukar tuduhan.

Pihak berwenang Swedia, yang sebelumnya mengatakan bahwa mereka mencurigai ada aktor yang tidak diketahui bertanggung jawab.

Mereka memperingatkan bahwa identitas pelaku masih belum jelas dan mengisyaratkan kemungkinan besar akan tetap demikian.

BERITA TERKAIT

Swedia menghentikan penyelidikan setelah memverifikasi bahwa kasus tersebut tidak termasuk dalam yurisdiksi mereka.

"Tujuan utamanya untuk menentukan apakah warga negara Swedia terlibat dalam tindakan tersebut dan apakah wilayah Swedia digunakan untuk melakukan tindakan tersebut," papar Jaksa Penuntut Umum, Mats Ljungqvist.

"Dengan latar belakang situasi yang kita hadapi saat ini, kami dapat menyatakan bahwa yuridiksi Swedia tidak berlaku," jelasnya.

Jerman masih lanjutkan penyelidikan pipa Nord Stream

Meski Swedia 'menarik diri' dalam kasus ini, Ljungqvist menambahkan bahwa saat ini, penyelidikan yang dilakukan oleh jaksa Jerman terkait ledakan pipa Nord Stream masih berlangsung.

Baca juga: Peringatan Setahun Sabotase Pipa Nord Stream, Diselidiki 3 Negara hingga Pelaku Belum Terungkap

Ia menambahkan bahwa tim Swedia akan menyerahkan materi ke penyelidik Jerman.

Polisi Denmark mengatakan pada hari Rabu (7/2/2024) bahwa penyelidikan mereka terus berlanjut dan mereka berharap dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai hal tersebut “dalam waktu singkat”.

Ledakan bawah laut menghancurkan pipa Nord Stream 1 pada tanggal 27 September.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas