Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Genjot Pariwisata, Thailand Resmi Perpanjang Festival Songkran Tahun 2024 Jadi Lima Hari

PM Thailand meminta semua pihak mulai mendata anggaran atau pengeluaran yang diperlukan untuk memacu sektor pariwisata selama Songkran

Penulis: Bobby W
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Genjot Pariwisata, Thailand Resmi Perpanjang Festival Songkran Tahun 2024 Jadi Lima Hari
songkranday.com
Festival Songkran di Thailand, Pada Selasa (13/2/2024), kabinet pemerintahan Thailand resmi menambahkan Jumat, 12 April, sebagai hari libur umum tambahan membuat periode libur Songkran menjadi 5 hari mulai dari Jumat, 12 April hingga Selasa, 16 April 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar gembira bagi Anda yang merencanakan datang di festival Songkran yang digelar tiap tahunnya di Thailand.

Festival yang akrab dengan aktivitas basah-basahan ini durasinya bakal diperpanjang di penyelenggaraan tahun ini.

Songkran yang mulanya berlangsung selama 4 hari resmi diperpanjang satu hari lagi oleh kabinet pemerintahan Thailand.




Keputusan ini resmi diumumkan kabinet Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin pada hari Selasa (13/2/2024) ini.

Libur untuk festival Songkran tahun ini diperpanjang jadi 5 hari setelah kabinet mengeluarkan keputusan untuk menyetujui bahwa hari Jumat, 12 April 2024, sebagai hari libur umum tambahan.

Keputusan pemerintah yang menambahkan Jumat sebagai hari libur umum tambahan tersebut membuat periode libur Songkran menjadi 5 hari.

Libur panjang Songkran nantinya bakal dimulai dari hari Jumat 12 April hingga Selasa, 16 April.

BERITA TERKAIT

Diambilnya keputusan untuk menambah satu hari ini dilakukan pihak kabinet karena mereka menilai Festival Songkran yang akan datang menyebabkan mobilitas masyarakat yang tinggi.

Pemerintah Thailand, memprediksi sejumlah besar warganya akan melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman mereka dan mengunjungi berbagai provinsi

Hal ini berpotensi peningkatan kemacetan lalu lintas dan potensi kemacetan bila periode libur yang diberikan terlalu pendek.

Guna memfasilitasi perjalanan yang lebih lancar untuk merangsang pariwisata, sektor layanan, dan ekonomi secara keseluruhan, pemerintah pun menetapkan hari libur umum tambahan pada tanggal 12 April.

Menanggapi keputusan tersebut, PM Srettha Thavisin meminta semua pihak terkait untuk memersiapkan diri sejak dini mengingat masih ada waktu kurang lebih 2 bulan untuk mengantisipasi festival tersebut.

Baca juga: Stok Beras Langka dan Mahal, Bulog Lobi Thailand untuk Impor Pakai Skema G to G

Dikutip Tribunnews dari TNA-MCOT, Srettha meminta semua pihak mulai mendata anggaran atau pengeluaran yang diperlukan untuk memacu sektor pariwisata Thailand selama periode Songkran.

Srettha juga memerintahkan Menteri Pariwisata dan Olahraga untuk gencar mempromosikan pariwisata di kota-kota sekunder di Thailand.

Ia menilai daerah-daerah seperti Chiang Mai, Phuket, Pattaya, dan Hua Hin sudah dikenal sebagai kota-kota yang sangat populer hingga ke luar negeri sehingga promosi di daerah lainnya harus dilakukan untuk pemerataan ekonomi selama Songkran.

"Dengan menambahkan 1 hari libur lagi, dan membuat total 5 hari. Saya ingin Kementerian Pariwisata mencari tahu apakah ada kota-kota sekunder yang bagus untuk mendukung pariwisata di tempat tersebut dan memberi informasi lebih kepada masyarakat terkait tempat tersebut." pungkasnya.

(Tribunnews.com/Bobby Wiratama)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas