Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

9 Jam Penyerbuan, Operasi Gabungan Militer Israel Tangkap Pemimpin Brigade Al Qassam di Jenin 

Beberapa faksi perlawanan Palestina menghadapi pasukan Israel yang menyerang dari Shin Bet, Polisi Perbatasan, dan tentara pagi ini

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 9 Jam Penyerbuan, Operasi Gabungan Militer Israel Tangkap Pemimpin Brigade Al Qassam di Jenin 
JAAFAR ASHTIYEH / AFP
Tentara Israel digambarkan di desa Palestina Kafr Dan di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki, pada 2 Januari 2023, selama operasi untuk menghancurkan rumah dua warga Palestina yang dituduh membunuh seorang tentara Israel. 

Sembilan Jam, Operasi Gabungan Militer Israel Tangkap Pemimpin Brigade Al Qassam di Jenin 

TRIBUNNEWS.COM - Operasi gabungan Polisi Perbatasan, Shin Bet, dan tentara Israel di kota Nablus di Tepi Barat dilaporkan menghasilkan penangkapan Omar al-Fayed, anggota senior sayap bersenjata Hamas, Brigade Al Qassam.

Omar al-Fayed disebutkan ditangkap di Jenin pada Selasa (13/2/2024) dini hari.

Baca juga: Tentara Israel Kena Sergap Besar-besaran di Khan Yunis: IDF Butuh Berjam-jam Evakuasi Korban

Israel National News , mengutip sumber militer Israel, melaporkan Fayed terlibat dalam beberapa serangan dan penembakan baru-baru ini terhadap tentara IDF.

Klaim itu menambahkan, Omar juga berencana melakukan serangan tambahan.

Dalam operasi gabungan itu, dua petugas Polisi Perbatasan terluka oleh pecahan peluru selama operasi dan dievakuasi ke rumah sakit untuk perawatan medis.

Ban dibakar untuk menghalangi kendaraan tentara Israel maju selama operasi militer di kota Tulkarem di Tepi Barat yang diduduki pada 14 November 2023.
Ban dibakar untuk menghalangi kendaraan tentara Israel maju selama operasi militer di kota Tulkarem di Tepi Barat yang diduduki pada 14 November 2023. (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Baca juga: Pemukim Yahudi Kian Beringas, PFLP Serukan Persatuan Tepi Barat Pindahkan Perang ke Jantung Israel

Pertempuran Sengit

Brigade Martir Abu Ali Mustafa, sayap militer gerakan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) melaporkan kalau para pejuangnya terlibat dalam bentrokan bersenjata dengan pasukan Israel yang menyerbu kamp Jenin.

BERITA TERKAIT

Brigade Martir Al-Aqsa dari gerakan Fatah melaporkan bahwa para pejuangnya terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan Israel yang menyerang di Jenin dan kampnya dengan senapan mesin dan alat peledak.

Brigade Al-Asifah dari gerakan Fatah al-Intifada juga melaporkan pasukannya terlibat dalam bentrokan sengit menggunakan senapan mesin dan alat peledak melawan pasukan Israel di garis depan di kota Jenin dan kampnya.

Shin Bet dan Polisi Perbatasan mengaku menahan 18 warga Palestina selama operasi semalam di seluruh Tepi Barat.

Reuters dalam laporannya mewawancarai Walid Irshid, yang putranya Hamzah ditahan selama invasi Jenin tersebut.

Irshid mengatakan pasukan Israel mulai menembakkan peluru dan mengepung rumah tersebut pada pukul 5 pagi.

Mereka bertanya siapa yang ada di rumah itu, dan dia menyatakan dia mempunyai empat anak laki-laki dan memanggil mereka untuk keluar.

"Hamzah, yang dicari oleh Israel, mencoba melarikan diri dan bersembunyi tetapi ditahan setelah anjing digunakan untuk menemukannya. Pasukan Israel kemudian menembakkan rudal ke rumah Irshid, membakar sebagian besar rumah tersebut, sebelum pergi," tulis laporan tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas