Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rumah Sakit Al-Amal Gaza Kehabisan Air, Dokter Operasi Tanpa Anestesi, Pasien Menjerit Berjam-jam

Rumah Sakit Al-Amal di Gaza kehabisan air di bawah pengepungan tentara Israel. Dokter di Gaza terpaksa melakukan operasi tanpa anestesi.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Rumah Sakit Al-Amal Gaza Kehabisan Air, Dokter Operasi Tanpa Anestesi, Pasien Menjerit Berjam-jam
Twitter
Tembok Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis Dihancurkan IDF 

Rumah Sakit Al-Amal Gaza Kehabisan Air, Dokter Operasi Tanpa Anestesi, Pasien Menjerit Berjam-jam

TRIBUNNEWS.COM- Rumah Sakit Al-Amal di Gaza kehabisan air di bawah pengepungan tentara Israel. Dokter di Gaza terpaksa melakukan operasi tanpa anestesi, membuat pasien menjerit berjam-jam.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengeluarkan pernyataan pada tanggal 20 Februari yang menyatakan keprihatinan tentang situasi menyedihkan di dalam Rumah Sakit Al-Amal di kota Khan Yunis di Gaza selatan.

Dalam sebuah pernyataan resmi, PRCS melaporkan bahwa pabrik desalinasi air di dalam gedung rumah sakit sengaja menjadi sasaran pasukan Israel, sehingga menyebabkan kekurangan air minum yang aman, dan pasokan saat ini diperkirakan hanya akan bertahan tiga hari lagi.

Tentara Israel telah mengepung rumah sakit tersebut selama 28 hari terakhir, menjebak para dokter, staf, dan pasien di dalamnya.

Seorang dokter berkata bahwa dia tidak dapat menghitung hari-harinya di rumah sakit dan bahwa "Impian terbesar kami sekarang adalah melihat melalui jendela untuk melihat matahari... namun hal ini sebenarnya tidak mungkin karena berdiri di dekat jendela berarti kematian."

Pada tanggal 28 Januari, seorang penembak jitu Israel menembak dan membunuh dua pria di luar rumah sakit, Omar Abu Hatab yang berusia 40 tahun dan Ahmed Muhareb yang berusia 21 tahun, yang mencoba menyelamatkan Hatab.

Baca juga: WHO Berhasil Tuntaskan Misi Evakuasi Kedua di Rumah Sakit Nasser Gaza

BERITA TERKAIT

Awal bulan ini, penembak jitu Israel juga membunuh 21 orang yang berlindung di dekat Rumah Sakit Nasser. Seorang koresponden Al-Jazeera di Khan Yunis mengatakan bahwa penembak jitu Israel "menembak setiap benda bergerak."

Rumah Sakit Nasser kini tidak dapat digunakan setelah penembakan Israel dan penggerebekan pekan lalu yang mengubahnya menjadi barak militer Israel.

Quds News Network melaporkan pada hari Selasa bahwa dokter di seluruh Jalur Gaza harus melakukan operasi pada pasien tanpa anestesi, mengobati luka bernanah dengan persediaan medis yang terbatas, dan dengan enggan menolak kasus medis kronis.

Seorang dokter menyatakan, "Karena kekurangan anestesi, kami membiarkan pasien berteriak berjam-jam."

Dr Mohammed Saleh dari Rumah Sakit Al-Awda di Gaza utara menjelaskan bahwa orang-orang diangkut ke rumah sakit dengan kereta yang ditarik oleh keledai dan kuda.

Dia berkata, “Bencananya adalah ketika luka pasien menjadi terinfeksi, tetap terbuka selama lebih dari dua atau tiga minggu.”

Dia menambahkan bahwa dokter terpaksa melakukan operasi di bawah cahaya lampu yang dipasang di kepala karena kekurangan listrik.

Dr Saleh menambahkan, "Di satu bagian, satu orang meninggal, dan di bagian lain, lahir lagi. Anak-anak lahir, dan tidak ada susu untuk mereka. Rumah sakit menyediakan satu kotak susu untuk setiap anak."

Orang-orang datang ke rumah sakit dengan penyakit yang menyebar dalam kondisi yang tidak sehat dan penuh sesak.

Abu Khalil, 54 tahun, yang mengungsi ke Rafah di Gaza selatan, berkata, “Ada penyakit, dan kami tidak dapat menemukan obatnya.”

Dia melanjutkan berkata, “Kita harus keluar saat fajar dan mengantri untuk mencari obat. Mungkin ada 100 orang di depan Anda yang mengantri. Jadi, Anda kembali dengan tangan kosong.”

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas