Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel dan Hamas Melakukan Pembicaraan di Qatar, Negosiasi Mengenai Gencatan Senjata, Begini Caranya

Israel dan Hamas di Qatar untuk melakukan pembicaraan jarak dekat mengenai gencatan senjata.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel dan Hamas Melakukan Pembicaraan di Qatar, Negosiasi Mengenai Gencatan Senjata, Begini Caranya
Mostafa Alkharouf / ANADOLU / Anadolu melalui AFP
Polisi Israel menembakkan meriam air untuk membubarkan para demonstran yang menghadiri protes terhadap pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menuntut pemilihan umum dini di Tel Aviv, Israel pada 24 Februari 2024. Mostafa Alkharouf / Anadolu 

Israel dan Hamas Melakukan Pembicaraan di Qatar, Negosiasi Mengenai Gencatan Senjata, Begini Caranya

TRIBUNNEWS.COM- Israel dan Hamas di Qatar untuk melakukan pembicaraan jarak dekat mengenai gencatan senjata.

Para pejabat Israel pada hari Senin berangkat ke Qatar, di mana Emir yang berkuasa secara terpisah bertemu dengan pemimpin Hamas, ketika musuh-musuh dalam perang Gaza mencapai kesepakatan gencatan senjata dan penyanderaan yang menurut Washington kini dapat dicapai, lapor Reuters.




Kehadiran kedua belah pihak dalam apa yang disebut perundingan jarak dekat – yang bertemu dengan para mediator secara terpisah saat berada di kota yang sama – menunjukkan bahwa perundingan telah berjalan lebih lama dibandingkan sebelumnya sejak adanya dorongan besar pada awal bulan Februari, ketika Israel menolak tawaran balik Hamas untuk melakukan perundingan jarak dekat dengan gencatan senjata selama empat setengah bulan.

Di depan umum, kedua belah pihak terus mengambil posisi yang berbeda pendapat mengenai tujuan akhir gencatan senjata, sambil saling menyalahkan karena menghambat perundingan.

Israel mengatakan pihaknya hanya akan menyetujui penghentian sementara upaya untuk menjamin pembebasan sandera.

Hamas mengatakan mereka tidak akan membebaskan mereka tanpa kesepakatan yang akan mengakhiri perang secara permanen.

Baca juga: Israel Tambah Utang Rp 938 Triliun Pukulan Ekonomi Terbesar buat Mobilisasi 300.000 Pasukan Cadangan

BERITA TERKAIT

Setelah bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani, pemimpin Hamas yang tertutup, Ismail Haniyeh, mengatakan kelompoknya menerima upaya mediator untuk mengakhiri perang, dan menuduh Israel mengulur waktu sementara warga Gaza tewas dalam pengepungan.

“Kami tidak akan membiarkan musuh menggunakan negosiasi sebagai kedok kejahatan ini,” katanya.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan Israel siap untuk mencapai kesepakatan, dan kini terserah pada Hamas untuk membatalkan tuntutan yang ia gambarkan sebagai aneh dan dari planet lain.

“Jelas kami menginginkan kesepakatan ini jika kami bisa mendapatkannya. Itu tergantung pada Hamas. Itu benar-benar keputusan mereka sekarang,” katanya kepada jaringan AS, Fox News, dalam sebuah wawancara. “Mereka harus menyadari kenyataan.”

Kantor Emir Qatar mengatakan Al Thani dan pemimpin Hamas telah membahas upaya Qatar untuk menengahi “perjanjian gencatan senjata segera dan permanen di Jalur Gaza”.

Sebelumnya, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa delegasi kerja Israel, yang terdiri dari staf militer dan agen mata-mata Mossad, telah terbang ke Qatar, bertugas mendirikan pusat operasional untuk mendukung negosiasi di sana.

Misinya termasuk memeriksa calon tahanan Palestina yang ingin dibebaskan Hamas sebagai bagian dari kesepakatan pembebasan sandera, kata sumber itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas