Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mulai 1 Juli 2024 Naik Gunung Fuji di Jepang Harus Bayar 2000 Yen, Jumlah Pendaki Dibatasi

Pendaki Gunung Fuji yang mendaki dari sisi Prefektur Yamanashi untuk membayar biaya tol sebesar 2.000 yen per orang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mulai 1 Juli 2024 Naik Gunung Fuji di Jepang Harus Bayar 2000 Yen, Jumlah Pendaki Dibatasi
Richard Susilo
Gunung Fuji di antara perfektur Yamanashi dan Shizuoka. Parlemen Prefektur Yamanashi mengeluarkan peraturan yang mewajibkan pendaki Gunung Fuji yang mendaki dari sisi Prefektur Yamanashi untuk membayar biaya tol sebesar 2.000 yen per orang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Parlemen Prefektur Yamanashi mengeluarkan peraturan yang mewajibkan pendaki Gunung Fuji yang mendaki dari sisi Prefektur Yamanashi untuk membayar biaya tol sebesar 2.000 yen per orang.

Peraturan tersebut akan mulai berlaku 1 Juli 2024, dengan tujuan untuk pelestarian lingkungan dan pencegahan kecelakaan.




"Semua yang memasuki Gunung Fuji mulai 1 Juli 2024 akan dikenakan 2.000 yen termasuk juga pembatasan jumlah orang yang mendaki gunung," papar sumber Tribunnews.com, seorang politisi Prefektur Yamanashi, (5/3/2024).

Diketahui jumlah pendaki Gunung Fuji telah mendekati jumlah pada saat sebelum wabah virus corona terjadi pada musim pegunungan musim panas lalu.

Baca juga: Puncak Gunung Fuji Mulai Tertutup Salju, Tanda Mulainya Musim Gugur di Jepang

Permasalahan seperti panjat peluru (panjat kilat) di mana pendaki gunung ingin naik sampai ke puncak gunung dan turun kembali di hari yang sama, semakin banyak saat ini.
Termasuk juga kelakuan buruk terutama dari para pendaki asing yang masuk ke Gunung Fuji.

Prefektur Yamanashi, Senin (4/3/2024) kemarin menyerahkan rancangan peraturan yang mencakup tol baru dari jalur pegunungan Yoshidaguchi di sisi Yamanashi dan batasan jumlah pendaki, dengan alasan perlunya manajemen pendaki yang tepat karena kekhawatiran akan kecelakaan.

BERITA TERKAIT

Parlemen Yamanashi menyetujui hal tersebut.

Peraturan tersebut menyerukan agar gerbang baru dibangun di stasiun pendakian ke-5 Gunung Fuji yang masuk dari Prefektur Yamanashi.

Selain memerlukan biaya masuk yang baru sebesar 2.000 yen per orang, juga ada aturan lain.

Yaitu akan ada batas atas jumlah pendaki yang diperbolehkan melewati gerbang per hari.

Juga akan ada Undang-undang mencakup kewenangan untuk memberikan wewenang kepada pemandu yang mengatur keselamatan di jalur pegunungan dan sekitarnya untuk memberikan instruksi kepada pendaki tentang pelanggaran etiket.

Baca juga: Ternyata Gunung Fuji Jepang Dulunya Pernah Memiliki Dua Puncak, Kembaran

Pendakian dari sisi Prefektur Yamanashi sudah meminta sumbangan sukarela sebesar 1.000 yen.

Dengan diberlakukannya peraturan tersebut, maka jumlah biaya untuk mendaki gunung Fuji nantinya menjadi 3.000 yen per orang.

Peraturan ini mulai diberlakukan bersamaan dengan dibukanya musim pegunungan pada 1 Juli 2024.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas