Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigade Al-Qassam Rilis Video Penembakan Perwira Elite IDF yang Pimpin Penyerbuan RS Al-Shifa

Peluru sniper Al Qassam menembus rompi perwira elite unit Shaldag Yitzhar Hoffman, yang memimpin penyerbuan RS AL Shifa pada November lalu.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Brigade Al-Qassam Rilis Video Penembakan Perwira Elite IDF yang Pimpin Penyerbuan RS Al-Shifa
tangkap layar
DITEMBAK SNIPER - Yitzhar Hoffman, seorang perwira Israel di Unit elite Shaldag, diyakini sebagai komandan yang bertanggung jawab atas pengepungan dan penyerbuan Rumah Sakit Al-Shifa pada November 2023 dalam bidikan sniper Brigade Al Qassam. 

Brigade Al-Qassam Rilis Video Penembakan Perwira Elite IDF yang Pimpin Penyerbuan RS Al-Shifa

TRIBUNNEWS.COM - Pada Minggu (17/3/2024), Brigade Al-Qassam merilis video yang menunjukkan penembakan hingga tewas Yitzhar Hoffman, tentara Israel (IDF) yang berada di balik serangan gencar Al-Shifa.

Mereka juga merilis pernyataan yang memberikan konteks pada video tersebut.

Yitzhar Hoffman, seorang perwira Israel di Unit elite Shaldag, diyakini sebagai komandan yang bertanggung jawab atas pengepungan dan penyerbuan Rumah Sakit Al-Shifa pada November 2023.

Baca juga: Hari ke-164 Agresi Israel ke Gaza, IDF Serbu Kompleks RS Al-Shifa, Klaim Ada Pejabat Hamas 

Serangan terhadap Al-Shifa adalah salah satu babak paling berdarah dalam perang tersebut, dibandingkan dengan serangan Israel terhadap Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Kota Gaza yang menewaskan ratusan orang.

Saat itu Israel membenarkan serangannya terhadap Al-Shifa dengan menggambarkannya sebagai markas Gerakan Perlawanan Palestina Hamas.

Namun, tidak ada markas besar seperti itu yang ditemukan, betapapun kerasnya Daniel Hagari, juru bicara tentara Israel, berusaha meyakinkan para pendengarnya.

BERITA REKOMENDASI

Ternyata Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, mengetahui secara pasti identitas orang-orang IDF yang menyerbu rumah sakit, melakukan eksekusi lapangan, dan akhirnya mengusir pasien dan staf medis dari pusat kesehatan terbesar di Gaza.

Berikut di bawah video Brigade Al-Qassam dan pernyataan lengkap yang diberikan oleh Jaringan Berita Perlawanan menggunakan Saluran Telegram mereka:

Berikut pernyataan lengkap Brigade Al-Qassam terkait penembakan Hoffman tersebut:

"Brigade Martir Izz El-Din Al-Qassam mengungkap adegan eksklusif kepada Al-Jazeera yang menunjukkan pemantauan dan pelacakan petugas IOF di Unit elit Shaldag, Yitzhar Hoffman, sebelum dia dibunuh oleh penembak jitu perlawanan menggunakan senapan sniper Ghoul buatan lokal. 

“Patut dicatat bahwa petugas inilah yang bertanggung jawab mengepung dan menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa di Jalur Gaza utara pada November 2023.

“Laporan tersebut menggambarkan bagaimana unit IDF membentengi dirinya di Kota Gaza. Pusat komando lapangan mereka bermarkas di salah satu klub olah raga, sekitar 1 km dari Rumah Sakit Al-Shifa, dekat daerah Jawazat, yang menyaksikan bentrokan sengit dari semua faksi perlawanan. Daerah itu diawasi oleh petugas Hoffman yang terbunuh.

“Brigade Al-Qassam dengan tepat melacak Hoffman sejak dia memutuskan untuk menyerbu dan mengepung Rumah Sakit Al-Shifa hingga kesempatan sempurna untuk menjamin kematiannya dua bulan kemudian, dengan menggunakan peluru dan penembak jitu buatan Gaza, senapan Ghoul.

“Peluru menembus helm dan rompi IDF, bahkan melumpuhkan kendaraan. Unit khusus di Al-Qassam dilatih mengenai hal ini, seperti yang ditunjukkan pada paruh kedua laporan ini.

“Pelatihan ini dilakukan setelah memilih pejuang perlawanan yang memiliki karakteristik yang memungkinkan mereka bertahan dalam waktu tunggu yang lama untuk menangkap target potensial, kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan berat dalam kondisi lapangan yang sulit, fleksibilitas dalam penyembunyian, mengidentifikasi pentingnya target, dan mengambil keputusan eksekusi.

“Lebih dari 34 operasi telah dilakukan dengan senapan Ghoul. Hebatnya, Al-Jazeera mengkonfirmasi bahwa seorang pejuang Al-Qassam mengkonfirmasi jarak serangan 1.800 meter menggunakan senapan Ghoul saat Banjir Al-Aqsa.”

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas