Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Xi Jinping Beri Ucapan Selamat ke Putin yang Unggul di Pilpres Rusia 2024

Presiden China Xi Jinping memberi ucapan selamat ke Putin yang unggul di pemilu Presiden Rusia 2024. Xi Jinping ingin pererat hubungan China-Rusia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Xi Jinping Beri Ucapan Selamat ke Putin yang Unggul di Pilpres Rusia 2024
TYRONE SIU / POOL / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden China Xi Jinping berpose untuk foto di sela-sela KTT BRICS 2017 di Xiamen di Provinsi Fujian Cina Tenggara. --- Xi Jinping beri ucapan selamat ke Putin. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden China, Xi Jinping, mengucapkan selamat kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, atas kemenangan telak bersejarahnya dalam pemilihan presiden Rusia 2024.

Menurut Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia, mengumumkan dari hampir seluruh surat suara yang dihitung, Putin memperoleh 87 persen suara.

Dalam sebuah surat yang dikutip oleh Kementerian Luar Negeri Beijing pada Senin (18/3/2024), Xi Jinping menyatakan kemenangan Putin adalah bukti bahwa ia mendapat dukungan dari rakyat Rusia.

"Kami yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Putin, Rusia akan mampu mencapai prestasi yang lebih besar dalam pembangunan nasional,” kata Xi Jinping melalui surat yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Beijing.

Xi Jinping menambahkan bahwa China sangat mementingkan hubungan bilateral yang dinamis.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, mengatakan China berharap kerja sama Rusia-China akan terus maju di bawah bimbingan strategis kedua warga tersebut.

“China dan Rusia adalah tetangga terbesar dan mitra strategis komprehensif satu sama lain di era baru,” tambah Lin Jian.

BERITA REKOMENDASI

Dalam pidato kemenangannya pada Minggu (17/3/2024) malam, Putin menekankan hubungan Rusia-China adalah faktor yang menstabilkan seluruh kerangka hubungan internasional.

"Kami berharap ikatan ini akan terpelihara, sebagian besar karena hubungan pribadi kita yang baik dengan presiden Republik Rakyat Tiongkok," kata Putin, dikutip dari Reuters.

Kedekatan Rusia dan China

Kedua negara selama beberapa dekade memiliki hubungan ekonomi dan politik yang erat, dengan Beijing menolak mendukung sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia terkait konflik di Ukraina.

Baca juga: Putin Diklaim Unggul 88 Persen di Pilpres Rusia 2024, Zelensky: Ia Terobsesi dengan Kekuasaan

Kemitraan mendalam antara kedua negara semakin ditegaskan oleh kunjungan bersejarah Xi Jinping ke Moskow pada Maret tahun lalu.

Putin membalasnya dengan melakukan perjalanan ke Beijing pada Oktober 2023.

Xi Jinping bukan satu-satunya pemimpin dunia yang mengucapkan selamat kepada Putin atas terpilihnya kembali dirinya sebagai presiden Rusia.

Sebelumnya, Presiden Iran Ebrahim Raisi, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan sejumlah pemimpin dari republik pasca-Soviet, Karibia, dan Amerika Latin juga memberi ucapan selamat kepada Putin.

Negara Barat Kritik Kemenangan Putin

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas