Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Detik-Detik Mata-mata Israel Paling Berbahaya di Jenin Dieksekusi Milisi Perlawanan Palestina

Laporan Khaberni yang datang dari Tepi Barat juga menunjukkan, orang yang melakukan eksekusi adalah saudara dari mata-mata dan agen tersebut.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in VIDEO Detik-Detik Mata-mata Israel Paling Berbahaya di Jenin Dieksekusi Milisi Perlawanan Palestina
MARCO LONGARI / AFP
Tentara Israel memeriksa dokumen warga Palestina yang mendekati pintu masuk kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 13 Desember 2023, saat pertempuran berlanjut antara Israel dan gerakan militan Hamas di Gaza. 

VIDEO Detik-Detik Mata-mata Israel Paling Berbahaya di Jenin Dieksekusi Milisi Perlawanan Palestina

TRIBUNNEWSW.COM - Gerakan Perlawanan Palestina di Jenin, pada Kamis (21/3/2024) pagi secara resmi mengumumkan eksekusi agen paling berbahaya dari pendudukan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Agen mata-mata Israel tersebut diklaim telah menyebabkan kematian 3 pejuang perlawanan setelah berkomunikasi dengan pendudukan baru-baru ini.

Baca juga: Darah Sudah Tumpah di Gaza, Marwan Barghouti Serukan Fatah-PA Bangkit Melawan Israel di Tepi Barat

Laporan Khaberni yang datang dari Tepi Barat juga menunjukkan, orang yang melakukan eksekusi adalah saudara dari mata-mata dan agen tersebut.

Sebelum mengeksekusi saudaranya, eksekutor itu menyatakan tidak bersalah sang agen mata-mata di depan semua yang hadir di Jenin Square, tempat eksekusi berlangsung.

IDF Bentuk Tim Khusus Cari Terowongan

Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, mengatakan tentara Israel membentuk tim khusus untuk mencari terowongan yang mungkin ada dan digunakan oleh faksi-faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat.

Sebelumnya, penduduk di sebuah pemukiman yang dekat dengan Tepi Barat melaporkan mendengar suara pekerjaan penggalian di dekat rumah mereka.

BERITA TERKAIT

Yedioth Ahronoth menjelaskan tim tersebut yang dibentuk baru-baru ini terdiri dari unit-unit dari sektor teknik, intelijen, dan spesialis sipil.

Misi tim tersebut adalah untuk meneliti dan memverifikasi berdasarkan apa yang terkandung dalam laporan dan informasi intelijen tentang hal tersebut.

"Komando Pusat tentara Israel meluncurkan penyelidikan internal beberapa bulan lalu, dan mengirim tim khusus ke dalam terowongan setelah penduduk pemukiman Bat Hefer – yang terletak di dekat Tulkarem – membenarkan bahwa mereka mendengar suara penggalian di dekat rumah mereka," lapor Yedioth Ahronoth, Selasa (19/3/2024).

Tak Ada Bukti Terowongan di Tepi Barat

Setelah upaya pencarian dan penyelidikan dilakukan, ternyata tidak ada terowongan di daerah tersebut.

Namun, Yedioth Ahronoth baru-baru ini mengetahui dari sumber bahwa pimpinan militer Israel memutuskan untuk membentuk tim khusus untuk menyelidiki masalah tersebut lebih dalam.

Dalam beberapa bulan terakhir, tim tersebut mendapat tambahan kesaksian mengenai adanya bukaan dan dugaan adanya terowongan di berbagai wilayah di Tepi Barat.

Beberapa pekan lalu, misalnya, mereka mendapat laporan adanya bukaan yang ditemukan di Gunung Hebron dan kawasan lainnya, namun ternyata itu juga bukan terowongan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas