Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Jepang Berencana Produksi Massal Pesawat Kecil Canggih Tahun 2035

Saat ini pemerintah sedang merumuskan strategi industri pesawat terbang baru itu dengan teknologi tercanggihnya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pemerintah Jepang Berencana Produksi Massal Pesawat Kecil Canggih Tahun 2035
Yomiuri
Pemerintah Jepang akan memproduksi pesawat kecil secara massal tahun 2025. Saat ini pemerintah sedang merumuskan strategi industri pesawat terbang baru itu dengan teknologi tercanggihnya. Foto Kantor PM Jepang di Nagatacho Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang akan memproduksi pesawat kecil secara massal tahun 2025.

Saat ini pemerintah sedang merumuskan strategi industri pesawat terbang baru itu dengan teknologi tercanggihnya.

"Pemerintah akan merumuskan strategi industri pesawat terbang baru yang canggih. Sektor publik dan swasta bertujuan untuk membangun bisnis pesawat terbang domestik dan mewujudkan produksi massal pesawat yang diharapkan akan diminati secara global pada tahun 2035 dan pengembangan pesawat generasi berikutnya yang merespons dekarbonisasi," ungkap sumber Tribunnews.com di Pemerintahan Jepang, Rabu (27/3/2024).

Pemerintah akan memperkuat sistem keamanan dengan memberikan bantuan untuk pengembangan infrastruktur produksi, dan industri pesawat terbang dalam negeri diharapkan dapat berkembang.

Baca juga: Sumitomo Mitsui Financial Group Jepang Perluas Bisnis di Indonesia 200 Miliar Yen

Komite Ahli Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, yang akan mempertimbangkan strategi baru untuk industri pesawat terbang yang menggunakan tekmologi tercanggihnya, akan segera menyusun rancangan akhir.

"Ini adalah pertama kalinya sejak 2014 bahwa strategi pesawat terbang khususnnya telah direvisi," ujarnya.

Strategi baru ini menunjukkan keprihatinan selama ini di balik penarikan Mitsubishi Heavy Industries dari pengembangan pesawat Mitsubishi Heavy Industries yang diproduksi di dalam negeri, Mitsubishi Space Jet (MSJ), dan merangkum bahwa "MSJ telah mengumpulkan pengalaman dan sumber daya manusia, dan dasar untuk bisnis pesawat yang telah selesai sedang dipersiapkan."

BERITA REKOMENDASI

Pihak swasta akan memproduksi secara massal pesawat lorong tunggal dan memiliki permintaan global yang besar untuk mereka, serta untuk mengembangkan pesawat generasi berikutnya.

Sebagai langkah konkret, perusahaan akan memanfaatkan tanah yang telah dibangunnya melalui pasokan suku cadang seperti komposit serat karbon untuk mengembangkan teknologi seperti hidrogen dan efisiensi produksi.

Selain pembangunan infrastruktur seperti digitalisasi pemeliharaan dan manufaktur, juga menetapkan perlunya merumuskan standar dan standar keselamatan bekerja sama dengan organisasi standar internasional.

Baca juga: Cerita Pemagang Indonesia Terdampak Gempa di Ishikawa Jepang, Lari Selamatkan Diri ke Gunung

Industri pesawat terbang menjadi semakin penting dari perspektif keamanan dan pertahanan ekonomi, dan pemerintah Jepang bermaksud memberikan dukungan untuk mewujudkan strategi tersebut.

"Teknologi apa yang akan digunakan tersebut belum dapat kami ungkapkan. Namun yang jelas bahan body pesawat dari yang termutakhir ringan tapi kuat sekali, dan bahan bakar yang khusus menjauhkan dari polusi udara serta irit penggunaan mengurangi cost operasi serta tingkat keamanan yang tinggi," jelasnya.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas