Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Longgarkan Sanksi Pemukim Israel yang Lakukan Kekerasan, Sanksi Jadi Tak Ada Artinya karena Ini

AS telah secara dramatis melunakkan sanksi yang dijatuhkan terhadap tujuh pemukim Israel yang melakukan kekerasan dengan mengizinkan pakai rekening,

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AS Longgarkan Sanksi Pemukim Israel yang Lakukan Kekerasan, Sanksi Jadi Tak Ada Artinya karena Ini
AHMAD GHARABLI / AFP
Reaksi pemukim Israel menyusul penggusuran keluarga Sub Laban Palestina dari rumah mereka di Kawasan Muslim di kota tua Yerusalem untuk memberi jalan bagi pemukim Yahudi, pada 11 Juli 2023. 

AS Longgarkan Sanksi Pemukim Israel yang Lakukan Kekerasan, Sanksi Jadi Tak Ada Artinya karena Ini

TRIBUNNEWS.COM- Gedung Putih melonggarkan sanksi terhadap pemukim Israel yang melakukan kekerasan.

Departemen Keuangan AS mengklarifikasi bahwa para pemukim yang melakukan serangan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki mungkin bisa menggunakan rekening bank mereka, sehingga membuat sanksi tersebut tidak ada artinya.

AS telah secara dramatis melunakkan sanksi yang dijatuhkan terhadap tujuh pemukim Israel yang melakukan kekerasan dengan mengizinkan mereka menggunakan rekening mereka di bank-bank Israel, Israel Hayom melaporkan pada tanggal 29 Maret.

Langkah ini membuat sanksi AS, yang diduga dimaksudkan untuk menghukum para pemukim atas tindakan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, pada dasarnya tidak ada artinya.

Departemen Keuangan AS mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan Israel untuk mengklarifikasi bahwa Israel tidak diharuskan untuk mencegah para pemukim yang terkena sanksi menggunakan rekening bank mereka secara rutin.

Awal bulan ini, majalah The Atlantic menyebut sanksi tersebut sebagai opsi hari kiamat yang diajukan Presiden Biden terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pendukung pemukim agamanya.

BERITA REKOMENDASI

Namun, menurut Israel Hayom, pengumuman AS menghapuskan sanksi terhadap para pemukim karena pembekuan rekening bank tujuh orang tersebut adalah satu-satunya langkah yang berdampak pada mereka secara praktis.

Sanksi tersebut terus mencegah para pemukim melakukan transaksi keuangan apa pun dengan bank-bank AS atau melakukan perjalanan ke AS, namun sejauh yang diketahui, mereka tidak memiliki aset di AS dan tidak berniat melakukan perjalanan ke sana.

Surat Departemen Keuangan AS tersebut muncul dua minggu setelah Menteri Keuangan Smotrich mengumumkan bahwa ia tidak akan memperbarui perjanjian negara Israel untuk memberikan kompensasi kepada bank-bank di Israel yang memelihara hubungan dengan entitas keuangan yang terkait dengan Otoritas Palestina (PA).

Israel Hayom melaporkan bahwa Smotrich menolak memperbarui tanda tangannya pada dokumen yang melindungi dari tuntutan hukum terhadap bank-bank Israel, Discount dan Hapoalim, yang memiliki hubungan keuangan dengan bank-bank Palestina.

Tanpa perlindungan ini, bank-bank Israel diperkirakan akan memutuskan hubungan dengan bank-bank Palestina, karena khawatir bank-bank tersebut akan terkena tuntutan hukum internasional atas tuduhan mentransfer dana kepada teroris.

Karena perekonomian Otoritas Palestina bergantung pada hubungan dengan Israel, hal ini berarti penghentian segera kegiatan ekonomi di Tepi Barat yang diduduki, yang berada di bawah kendali Otoritas Palestina.

Israel Hayom menambahkan bahwa Gedung Putih melunakkan sanksi terhadap para pemukim sebagai tanggapan atas ancaman Smotrich.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas