Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Takut Ancaman Besar Iran, Israel Dikabarkan Mulai Evakuasi Duta Besarnya di Seluruh Dunia

Israel dikabarkan mulai mengevakuasi para staf kedutaan besarnya di seluruh dunia karena takut akan ancaman serangan Iran.

Penulis: Febri Prasetyo
Editor: Sri Juliati
zoom-in Takut Ancaman Besar Iran, Israel Dikabarkan Mulai Evakuasi Duta Besarnya di Seluruh Dunia
Henrik MONTGOMERY / TT News Agency / AFP
Petugas kepolisian Stockholm terlihat melakukan pengamanan di luar kedutaan Israel, Rabu 31 Januari 2024 setelah adanya ancaman serangan. 

TRIBUNNEWS.COMIsrael dikabarkan mulai mengevakuasi para staf kedutaan besarnya di seluruh dunia karena takut akan ancaman serangan balasan Iran.

Ancaman Iran itu muncul setelah Israel melancarkan serangan udara ke Gedung Kedutaan Iran di Ibu Kota Damaskus, Suriah.

Media besar Israel bernama Yedioth Ahronot mengatakan sudah ada tujuh kedutaan Israel yang dievakuasi.

Di antara ialah kedutaan Israel di Bahrain, Mesir, Yordania, Maroko, dan Turki.

Sementara itu, narasumber yang didapatkan oleh The Jerusalem Post mengatakan semua kedutaan Israel di seluruh dunia kini dalam siaga tinggi setelah muncul ancaman dari Iran.

Beberapa duta besar juga diminta untuk tidak tampil dalam acara publik dengan alasan keamanan.

Selain itu, para diplomat Israel di luar negeri telah mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kedutaan mereka akan menjadi target pembalasan Iran.

BERITA REKOMENDASI

“Setelah meletusnya perang di Gaza, telah diambil langkah-langkah untuk keluarga duta besar Israel. Situasi bahkan menjadi makin rumit setelah serangan di Damaskus. Harus dicatat bahwa anak-anak kami bersekolah di sekolah internasional bersama dengan anak-anak dari negara muslim, menambah kekhawatiran lain,” kata seorang diplomat Israel.

Seorang polisi berjalan melewati kedutaan Israel di Seoul pada 28 Desember 2023.
Seorang polisi berjalan melewati kedutaan Israel di Seoul pada 28 Desember 2023. (Jung Yeon-je / AFP)

Muncul aturan ketat di beberapa kedutaan Israel di sejumlah negara. Para staf di sana bahkan tidak diizinkan meninggalkan kediaman dan pergi berbelanja.

"Dalam beberapa kasus, kami terpaksa memanggil kembali beberapa diplomat di luar negeri karena peringatan dan risiko,” kata salah satu pejabat Kemenlu Israel.

Di beberapa negara, diplomat Israel juga diminta tak bepergian ke tempat-tempat yang dikaitkan dengan Israel atau orang Israel.

Baca juga: Israel yang Ngebom, AS Prihatin Kena Getahnya: Pangkalan AS Bakal Diguyur Serangan Proksi Iran

Mereka diperintahkan untuk lebih berhati-hati dan mengubah rutinitas dan rute mereka serta mengurangi aktivitas bepergian.

Dikutip dari Al-Mayadeen, pengamat militer Italy Blumental mengungkapkan bahwa Israel telah meningkatkan kewaspadaan di kedutaan Israel di seluruh dunia hingga tingkat tertinggi.

Blumental turut menyebut beberapa kedutaan Israel di sejumlah negara telah dievakusi setelah adanya asesmen situasi oleh Shin Bet dan Kementerian Luar Negeri Israel.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas