Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Punya Hubungan Diplomatik dan Ekonomi yang Erat, China Sangat Prihatin Iran Serang Israel

Meski memiliki hubungan diplomatik dan ekonomi yang erat dengan Iran, pemerintah China mengaku prihatin atas serangan ke Israel yang dilakukan Iran.

Penulis: willy Widianto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Punya Hubungan Diplomatik dan Ekonomi yang Erat, China Sangat Prihatin Iran Serang Israel
Twitter-X/Twitter-X
Pengawal Revolusi Iran Meluncurkan Drone Kamikaze dan Rudal Balistik, menunjukkan ledakan menerangi langit di Hebron dan Tel Aviv selama serangan Iran terhadap Israel. Minggu (14/4/2024). Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak dan rudal sedang dilakukan terhadap Israel, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada tanggal 1 April di konsulatnya di Damaskus. (Twitter-X / HO) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski memiliki hubungan diplomatik dan ekonomi yang erat dengan Iran, pemerintah China mengaku prihatin atas serangan ke Israel yang dilakukan Iran.

"Kami sangat prihatin terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah Iran meluncurkan drone dan rudal sebagai serangan balasan terhadap Israel, " kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan resminya dikutip dari Reutes pada Minggu(14/4/2024).

Serangan-serangan Iran kata pemerintah China menandai serangan langsung pertamanya terhadap wilayah Israel, sehingga meningkatkan ancaman konflik yang lebih luas di wilayah di mana China berupaya memainkan peran sebagai mediator dan dari mana China mendapatkan sebagian besar impor energinya.

Oleh sebab itu pemerintah China menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari eskalasi ketegangan lebih lanjut.

“Kami menyerukan kepada komunitas internasional, terutama negara-negara berpengaruh, untuk memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata juru bicara tersebut.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas