Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Tak Berniat Balas Serangan Israel, Sebut Negaranya Tidak Diserang Siapa pun

Pejabat Iran mengatakan pihaknya tidak berniat untuk membalas serangan Israel, karena negaranya tidak diserang oleh siapa pun.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Sri Juliati
zoom-in Iran Tak Berniat Balas Serangan Israel, Sebut Negaranya Tidak Diserang Siapa pun
IRGC
Penampakan langit di Isfahan, Iran menyusul laporan ledakan. - Pejabat Iran mengatakan pihaknya tidak berniat untuk membalas serangan Israel. Menurutnya, hingga saat ini belum diketahui apakah tiga drone tersebut serangan dari Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pejabat di Iran mengatakan bahwa negaranya tidak memiliki rencana untuk melakukan pembalasan terhadap serangan Israel pada Jumat (19/4/2024) hari ini.

Seperti diketahui, sistem pertahanan udara milik Iran diaktifkan setelah tiga objek udara memasuki wilayah udara negara tersebut.

Tiga objek ini berada di pusat Kota Isfahan dan dihancurkan segera oleh sistem pertahanan udara milik Iran.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan, Israel telah melakukan serangan terhadap Iran.

Meski begitu, Iran tak memiliki niatan untuk melakukan serangan balasan terhadap Israel.

"Sumber asing mengenai insiden tersebut belum dapat dikonfirmasi," kata pejabat Iran, dikutip dari Reuters.

"Kami belum menerima serangan eksternal apa pun, dan diskusi lebih condong ke arah infiltrasi daripada serangan," lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

Hingga saat ini, belum jelas apakah Iran benar-benar diserang, karena tidak ada pejabat Iran yang secara langsung mengakui kemungkinan tersebut.

Bahkan militer Israel tidak menanggapi permintaan komentar setelah adanya laporan serangan drone di Iran.

Para pejabat AS menolak berkomentar pada Jumat pagi, tapi jaringan penyiaran Amerika yang mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan Israel-lah yang melakukan serangan tersebut.

The New York Times mengutip pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengklaim serangan itu terjadi pada ulang tahun ke-85 Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Baca juga: Video Serangan Israel Tepat di Hari Ulang Tahun Pemimpin Iran, Tak Ada Serangan yang Berhasil

Baterai pertahanan udara ditembakkan di beberapa provinsi karena adanya laporan drone berada di udara, televisi pemerintah melaporkan.

Secara khusus, IRNA mengatakan pertahanan udara menembaki pangkalan udara utama di Isfahan, yang telah lama menjadi rumah bagi armada F-14 Tomcat buatan Amerika – yang dibeli sebelum Revolusi Islam tahun 1979.

Dikutip dari AP, fasilitas di Isfahan mengoperasikan tiga reaktor riset kecil yang dipasok Tiongkok, serta menangani produksi bahan bakar dan aktivitas lain untuk program nuklir sipil Iran.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas