Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Batal Jatuhi Sanksi Batalion Netzah Yehuda Israel atas Pelanggaran HAM di Tepi Barat

Amerika Serikat (AS) batal menjatuhkan sanksi terhadap Batalion Netzah Yehuda Israel atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in AS Batal Jatuhi Sanksi Batalion Netzah Yehuda Israel atas Pelanggaran HAM di Tepi Barat
File photo: AFP
Tentara Israel (IDF) yang tergabung dalam Batalyon Netzah Yehuda pada 2014 lalu. Amerika Serikat (AS) batal menjatuhkan sanksi terhadap Batalion Netzah Yehuda Israel atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM). 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) batal menjatuhkan sanksi terhadap Batalion Netzah Yehuda Israel atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Sebelumnya, Gedung Putih menetapkan bahwa unit militer Israel itu melakukan pelanggaran HAM berat terhadap warga Palestina di Tepi Barat, sebelum perang 7 Oktober meletus.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam suratnya kepada Ketua DPR Mike Johnson mengatakan bahwa Washington masih meninjau informasi baru yang diterima.




Surat tak bertanggal tersebut, yang diperoleh The Associated Press pada hari Jumat (26/4/2024).

Blinken menekankan bahwa dukungan militer AS terhadap pertahanan Israel melawan Hamas dan ancaman lainnya tidak akan terpengaruh oleh keputusan akhir Departemen Luar Negeri mengenai Batalion Netzah Yehuda Israel.

Sementara itu, Johnson berupaya menyediakan dana tambahan sebesar $26 miliar untuk pertahanan Israel dan untuk bantuan bencana kemanusiaan yang semakin meningkat di Gaza, Times of Israel melaporkan.

Dikutip dari Al Jazeera, sebelumnya, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan menteri-menteri lain di pemerintahan secara terbuka menyerukan agar AS untuk tidak melanjutkan sanksi tersebut.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, para pejabat Israel, termasuk Gallant dan Menteri Kabinet Perang Benny Gantz, mengadakan pembicaraan terpisah dengan Blinken minggu ini.

Perbincangan mereka merupakan upaya untuk mencegah Washington menjatuhkan sanksi terhadap Netzah Yehuda.

Pertimbangan untuk memberikan sanksi kepada Netzah Yehuda muncul setelah Departemen Luar Negeri melakukan penyelidikan terhadap batalion tersebut dan beberapa personel lainnya di Pasukan Keamanan Israel (IDF) selama lebih dari setahun karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Batalion tersebut telah menjadi pusat beberapa kontroversi di masa lalu terkait dengan ekstremisme sayap kanan dan kekerasan terhadap warga Palestina.

Baca juga: Netanyahu Anggap Enteng Ancaman Sanksi terhadap Batalion Netzah Yehuda Israel

Dikutip dari Times of India, Batalion Netzah Yehuda Israel adalah bagian dari IDF yang didirikan pada 1999 sebagai batalion militer khusus untuk Yahudi ultra-Ortodoks.

Seluruh tentara dan perwira Netzah Yehuda adalah laki-laki.

Netzah Yehuda memungkinkan pria Yahudi Haredi untuk bertugas sebagai tentara tempur di militer sambil menjunjung tinggi keyakinan agama mereka.

Tentara Israel (IDF) yang tergabung dalam Batalyon Netzah Yehuda pada 2014 silam.
Tentara Israel (IDF) yang tergabung dalam Batalyon Netzah Yehuda pada 2014 silam. (File photo: AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas