Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kado 'Hari Kemerdekaan' Israel, Hizbullah Bikin Wilayah Utara Serukan Pisah Bentuk Negara Galilea

Mereka akan mendeklarasikan “Negara Galilea”, mengacu pada wilayah yang terletak di bagian utara Palestina yang diduduki Israel dan selatan Lebanonon

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kado 'Hari Kemerdekaan' Israel, Hizbullah Bikin Wilayah Utara Serukan Pisah Bentuk Negara Galilea
tangkap layar
Kota Galilea di bagian utara Israel dekat perbatasan dengan Lebanon. Ketidakmampuan IDF menghentikan serangan harian gerakan Hizbullah membuat komunitas warga di Utara menyerukan pemisahan diri dari Israel. 

Kado Ultah'Hari Kemerdekaan' Israel, Hizbullah Bikin Wilayah Utara Serukan Pemisahan Diri Bentuk Negara Galilea

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang peringatan apa yang mereka klaim sebagai Hari Kemerdekaan, Israel mendapat kabar buruk berupa seruan pemisahan diri oleh wilayah administratif mereka di bagian Utara yang berbatasan dengan Lebanon.

Pada Jumat (10/5/2024), Ketua Dewan Regional di Israel utara, Moshe Davidovich, mengancam akan memisahkan diri dari Israel di tengah meningkatnya ketegangan di utara menyusul konfrontasi dengan gerakan Hizbullah Lebanon.

Pejabat Israel di wilayah Utara mengatakan di Channel 13, “Kami akan memisahkan diri dari negara,”.

Baca juga: Israel Colek Rafah, Hizbullah Lebanon Hajar Pangkalan Golan, Perlawanan Irak Serang Pangkalan Eilat

Dia mengungkapkan rasa frustrasinya terhadap ketidakmampuan pemerintah Israel untuk melindungi warganya di utara.

Ketua dewan regional Mateh Asher menambahkan, “Kami merasa bahwa kami dibiarkan menghadapi nasib kami sendiri,” dan menambahkan bahwa “pemerintah tidak berbuat cukup untuk melindungi kami, dan kami secara serius mempertimbangkan pemisahan diri dari negara tersebut. negara."

Davidovich melanjutkan, “Kami tidak ingin menjadi bagian dari negara yang tidak peduli dengan keamanan warganya… Jika pemerintah tidak dapat melindungi kami, kami akan melindungi diri kami sendiri.”

Baca juga: Israel Dirongrong Serangan Lintas-Teritorial, Kali Ini Eilabun Galilea Dihajar Drone Perlawanan Irak

Asap mengepul dari perbukitan di Ramim Ridge di Galilea Atas setelah baku tembak antara Israel dan gerakan Hizbullah Lebanon di dekat Moshav Margaliot di perbatasan Israel dengan Lebanon pada 11 November 2023.
Asap mengepul dari perbukitan di Ramim Ridge di Galilea Atas setelah baku tembak antara Israel dan gerakan Hizbullah Lebanon di dekat Moshav Margaliot di perbatasan Israel dengan Lebanon pada 11 November 2023. (jalaa marey / AFP)

Bentuk Negara Galilea

BERITA TERKAIT

Sementara itu, media Israel mengutip pejabat lokal Israel di perbatasan Lebanon yang mengatakan, “Mulai sekarang, kami akan berhenti mendengarkan pemerintah, kami akan menjalankan negara merdeka dan bertindak mandiri tanpa negara.”

Mereka juga menyatakan bahwa dengan meningkatnya ketegangan, warga bersiap menggelar protes besar minggu depan.

Mereka akan mendeklarasikan “Negara Galilea” yang mengacu pada wilayah yang terletak di bagian utara Palestina yang diduduki Israel dan bagian selatan Lebanon.

Sebagai informasi, seruan ini menjadi kado buruk menjelang ulang tahun 'Hari Kemerdekaan' Israel yang tahun ini diperingati pada 14 Mei 2024.

Israel mendeklarasikan kemerdekaannya (Yom Ha'atzmaut) pada tanggal 14 Mei 1948, yang bertepatan dengan tanggal 5 Iyar pada kalender Ibrani pada tahun tersebut.

Yom Ha'atzmaut awalnya dirayakan pada tanggal 5 Iyar pada kalender Ibrani tersebut.

Baca juga: Israel Serang Kota-Kota Lebanon, Hizbullah Balas Porak-porandakan Metula-Margaliot-Kiryat Shmona

Gambar ILustrasi. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah dilaporkan menyergap konvoi tentara Israel dan menghujani IDF dengan berbagai jenis tembakan mulai dari peluru artileri, rudal berpemandu, hingga senjata anti tank di Ruwaisat Al-Alam, Kamis (25/4/2024) malam.
Gambar ILustrasi. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah dilaporkan menyergap konvoi tentara Israel dan menghujani IDF dengan berbagai jenis tembakan mulai dari peluru artileri, rudal berpemandu, hingga senjata anti tank di Ruwaisat Al-Alam, Kamis (25/4/2024) malam. (khaberni/HO)

Solidaritas Hizbullah Buat Gaza Jadi Mimpi Buruk Israel

Mimpi buruk Israel yang sebenarnya, Hizbullah, adalah salah satu kekuatan paramiliter paling kuat di Timur Tengah yang sangat terlibat dalam pertempuran lintas batas yang intens dan hampir setiap hari dengan Israel sejak tanggal 7 Oktober, yang menandai peningkatan paling signifikan sejak perang tahun 2006.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas