Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Afrika Selatan Minta Mahkamah Internasional, ICJ Ambil Tindakan Darurat Hentikan Perang Gaza Segera

Afrika Selatan meminta ICJ agar melakukan tindakan darurat Hentikan Perang Gaza segera.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Afrika Selatan Minta Mahkamah Internasional, ICJ Ambil Tindakan Darurat Hentikan Perang Gaza Segera
Foto: International Court of Justice
Duta Besar Afrika Selatan untuk Belanda Vusimuzi Madonsela berpidato di Mahkamah Internasional dalam argumen lisan yang meminta pengadilan memerintahkan Israel menghentikan kampanye militernya melawan Hamas, 16 Mei 2024. (Mahkamah Internasional). Afrika Selatan menyerukan penghentian segera serangan Israel di Rafah, yang menampung ratusan ribu pengungsi Palestina. Pretoria mengajukan argumennya ke pengadilan pada hari Kamis, dan Israel dijadwalkan untuk menyampaikan argumennya pada hari berikutnya. 

Afrika Selatan Minta Mahkamah Internasional (ICJ) Ambil Tindakan Darurat Hentikan Perang Gaza Segera

TRIBUNNEWS.COM- Dalam sidang mendesak ICJ, Afrika Selatan mengecam 'niat genosida eksplisit' Israel.

Pretoria menjelaskan dalam persidangan bahwa Israel secara terang-terangan mengabaikan keputusan ICJ sebelumnya yang menuntut tentaranya mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina.

Mahkamah Internasional (ICJ) mengadakan sidang pada tanggal 16 Mei mengenai permintaan Afrika Selatan untuk mengambil tindakan darurat tambahan sehubungan dengan operasi Israel yang sedang berlangsung di kota Rafah, paling selatan Gaza.

Seruan baru Afrika Selatan menyerukan penghentian segera serangan Israel di Rafah, yang menampung ratusan ribu pengungsi Palestina. Pretoria mengajukan argumennya ke pengadilan pada hari Kamis, dan Israel dijadwalkan untuk menyampaikan argumennya pada hari berikutnya.

Saat persidangan dimulai, Hakim Ketua ICJ Nawaf Salam memaparkan rincian kasus di Afrika Selatan dan tindakan sementara yang diminta.

Vusi Madonsela, duta besar Afrika Selatan untuk Belanda, menyampaikan pernyataan pembukaan delegasi negaranya, berterima kasih kepada pengadilan karena menjadwalkan sidang sedini mungkin mengingat “urgensi situasi” di Rafah.

BERITA REKOMENDASI

Afrika Selatan mengajukan permohonan minggu lalu, pada 10 Mei. Pakar hukum mengatakan urgensi penetapan tanggal sidang menunjukkan bahwa ICJ menanggapi masalah ini dengan serius.

Madonsela menambahkan bahwa Afrika Selatan telah kembali ke ICJ untuk “melakukan apa yang bisa dilakukannya untuk menghentikan genosida” yang hampir “menghancurkan Gaza dari peta [dan] mengejutkan hati nurani umat manusia.”

Madonsela menambahkan bahwa sejak keputusan ICJ pada bulan Januari, yang memerintahkan militer Israel untuk mencegah tindakan genosida di Gaza, Israel “dengan sengaja melanggar perintah pengadilan yang mengikat” dan meningkatkan serangan terhadap warga sipil Palestina.

Parahnya situasi ini menuntut “proses yang mendesak dan cepat untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina, sebuah komitmen yang ditanggapi dengan serius oleh Afrika Selatan.”

Perwakilan kedua Afrika Selatan di ICJ, Vaughan Lowe, mengatakan bahwa sejak permintaan terbaru Afrika Selatan, “semakin jelas bahwa tindakan Israel di Rafah adalah bagian dari permainan akhir yang menghancurkan Gaza.”

“Ini adalah langkah terakhir dalam kehancuran Gaza dan rakyat Palestina. Rafah-lah yang membawa Afrika Selatan ke pengadilan, namun seluruh warga Palestina sebagai kelompok etnis dan ras nasionallah yang membutuhkan perlindungan dari genosida yang dapat diperintahkan oleh pengadilan,” tambahnya.

Lowe juga menolak klaim Israel bertindak untuk membela diri. “Larangan genosida adalah mutlak,” katanya, seraya menambahkan bahwa pertahanan diri suatu negara tidak mencakup wilayah yang didudukinya dan tidak memberikan hak kepada negara tersebut untuk melakukan “kekerasan tanpa batas.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas