Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Al Qassam Hancurkan Tank Merkava di Timur Jabalia, Awaknya Tewas, Jabalia Jadi Medan Tempur Utama

Perlawanan pejuang Palestina menghadapi pasukan Israel dalam pertempuran sengit di kota Jabalia di Gaza utara pada 16 Mei.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Al Qassam Hancurkan Tank Merkava di Timur Jabalia, Awaknya Tewas, Jabalia Jadi Medan Tempur Utama
tangkap layar twitter
CLOSE RANGE BATTLE - Tangkap layar dari publikasi Bigade Al-Qassam Palestina yang menunjukkan pertempuran jarak dekat (close range battle) dari milisi perlawanan Palestina terhadap tentara Israel. Tampak sebuah roket dari peluncur sandang bahu (manpads) mengarah ke sebuah tank Merkava-4M Israel . 

Al Qassam Hancurkan Tank Merkava di Timur Jabalia, Awaknya Tewas, Jabalia Jadi Medan Tempur Utama

TRIBUNNEWS.COM- Perlawanan pejuang Palestina menghadapi pasukan Israel dalam pertempuran sengit di kota Jabalia di Gaza utara pada Kamis 16 Mei.

Jabalia telah berubah menjadi 'zona pertempuran utama' di Gaza saat bentrokan sengit mengguncang kota.




Israel mengebom taman kanak-kanak dan ambulans di Jabalia pada hari Kamis ketika kelompok perlawanan menghadapi pasukan di kota tersebut

Perlawanan Palestina menghadapi pasukan Israel dalam pertempuran sengit di kota Jabalia di Gaza utara pada 16 Mei.

“Mujahidin Qassam menyerang garis belakang pasukan yang menyerang timur kota Jabalia, dan meledakkan dua buldoser D9 dengan cangkang Tandum dan [alat peledak],” kata sayap militer Hamas dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Sebelumnya, pihaknya mengatakan pihaknya menargetkan dan menghancurkan tank Merkava Israel di timur Jabalia dengan bahan peledak, menewaskan dan melukai awaknya.

BERITA TERKAIT

Brigade Qassam juga “menghancurkan pengangkut pasukan Zionis dengan peluru Al-Yassin 105, menyebabkan awaknya tewas dan terluka di area Blok 2 Kamp Jabalia, utara Jalur Gaza.”

Kelompok lain, termasuk Brigade Quds dari gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ), juga terlibat dalam pertempuran tersebut.

Ketika bentrokan antara tentara dan kelompok perlawanan berkecamuk di Jabalia, Israel meningkatkan pemboman tanpa pandang bulu terhadap kota tersebut.

“Dalam beberapa jam terakhir, kami telah mencatat peningkatan yang jelas dalam pengeboman, tidak hanya terhadap bangunan tempat tinggal, tetapi juga terhadap pasar pusat kamp. Tempat ini sangat padat penduduknya,” Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera melaporkan.

Al Jazeera menambahkan bahwa serangan pesawat tak berawak Israel menargetkan sebuah taman kanak-kanak di kamp Jabalia, melukai sedikitnya lima warga Palestina. Pasukan Israel juga menargetkan ambulans dan melukai sejumlah petugas medis.

Kamp Jabalia sekarang menjadi “zona pertempuran utama,” kata Abu Azzoum.

Mengutip tentara Israel, Haaretz melaporkan pada tanggal 14 Mei bahwa pasukan yang saat ini bertempur di Jabalia merasa frustrasi karena harus kembali ke Gaza utara, tempat para pejuang perlawanan masih bertahan beberapa bulan setelah Tel Aviv mengklaim pihaknya “membubarkan” Hamas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas