Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Langka Israel Tewaskan Komandan Brigade Jenin, Warga Kota Mogok Massal di Tepi Barat

Times of Israel melansir, serangan udara jet Israel ke lokasi pengeboman di Jenin ini termasuk hal yang langka. Komandan Brigade Jenin tewas

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Langka Israel Tewaskan Komandan Brigade Jenin, Warga Kota Mogok Massal di Tepi Barat
Screen capture/X
Sebuah ledakan dari bom yang diluncurkan jet tempur IDF di Utara Kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki, Jumat (17/5/2024). 

Serangan Langka Israel Tewaskan Komandan Brigade Jenin, Warga Kota Mogok Massal di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM - Serangan udara Israel di kota Jenin, Tepi Barat, Jumat (17/5/2024) malam dilaporkan menewaskan pemimpin Brigade Jenin, sayap militer gerakan perlawanan PIJ, Islam Khamaysi.

Menurut pernyataan dari militer Israel (IDF) dan Shin Bet Sabtu (18/5/2024) pagi, serangan udara di Jenin itu menargetkan ruang komando milik jaringan perlawanan lokal 

Islam Khamaysi disebut Israel sebagai dalang dari di balik pembunuhan seorang warga Israel pada Mei 2023.

Baca juga: Tentara Israel Serbu 8 Kota Tepi Barat, Obrak-abrik Money Changer, IDF Dipukul Mundur di Nablus

Times of Israel melansir, serangan udara jet Israel ke lokasi pengeboman di Jenin ini termasuk hal yang langka.

"Lusinan serangan pesawat tak berawak telah dilakukan oleh Pasukan Pertahanan Israel di Tepi Barat – sebagian besar di tengah bentrokan – sejak tanggal 7 Oktober, namun serangan pada hari Jumat, yang dilakukan oleh jet tempur, jarang terjadi di wilayah tersebut," tulis laporan tersebut.

Pemimpin Brigade Jenin, Islam Khamayseh, dicari IDF karena tuduhan keterlibatannya dalam serangkaian serangan, termasuk penembakan di dekat pemukiman Hermesh pada Juni 2023 silam.

BERITA TERKAIT

Saat itu, seorang warga Israel bernama Meir Tamari terbunuh. Serangan lain di daerah tersebut juga melukai empat orang tentara IDF dan satu warga sipil.

Pernyataan IDF soal terbunuhnya Islam Khamaysi menyatakan, serangan menyasar ruang komando perlawanan yang tengah merencanakan aksi serangan ke Israel.

Komanda Brigade Jenin, sayap militer PIJ, Islam Khamisi
Komandan Brigade Jenin, sayap militer PIJ, Islam Khamisi dilaporkan tewas dalam pemboman tentara Israel, Jumat (17/4/2024).

"Jet tempur dan helikopter serang IDF menargetkan sebuah bangunan yang digunakan sebagai “ruang perang operasional” oleh jaringan perlawanan Jenin," kata pernyataan IDF itu.

Mereka menambahkan kalau beberapa pria bersenjata berkumpul di ruang komando ketika serangan terjadi, termasuk mereka yang terlibat dalam beberapa serangan penembakan di daerah Jenin tahun lalu.

"Anggota jaringan tersebut merencanakan serangan tambahan dalam waktu dekat," kata pernyataan itu, sambil juga menerbitkan rekaman serangan udara tersebut.

Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina mengatakan delapan orang lainnya yang terluka dalam serangan itu berada dalam kondisi stabil dan menerima perawatan di rumah sakit.

Khamayseh dipuji dalam postingan di media sosial sebagai komandan batalion Jenin di Brigade Al-Quds, sayap bersenjata kelompok perlawanan Jihad Islam Palestina (PIJ).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas