Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Karena Kejahatan Israel, Ratusan Profesor Maroko Tuntut Diakhiri Hubungan dengan Universitas Israel

Sebanyak 600 staf universitas di Maroko menuntut diakhirinya hubungan dengan universitas Israel.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Karena Kejahatan Israel, Ratusan Profesor Maroko Tuntut Diakhiri Hubungan dengan Universitas Israel
Tangkapan layar / Saba Ye
Enam ratus staf dan profesor Maroko dan staf administrasi di Universitas Abdelmalek Essaadi di kota utara Tetouan, menuntut universitas mereka membatalkan perjanjian kemitraan dengan Universitas Haifa Israel. 

Karena Kejahatan Israel, Ratusan Profesor Maroko Menuntut Diakhiri Hubungan dengan Universitas Israel

TRIBUNNEWS.COM- Sebanyak 600 staf universitas di Maroko menuntut diakhirinya hubungan dengan universitas Israel.

Enam ratus staf dan profesor Maroko dan staf administrasi di Universitas Abdelmalek Essaadi di kota utara Tetouan, menuntut universitas mereka membatalkan perjanjian kemitraan dengan Universitas Haifa Israel.

Dalam petisi yang ditujukan kepada rektor universitas, para penandatangan juga menuntut “penghentian segala bentuk normalisasi terhadap entitas pendudukan [Israel] dan semua institusi universitas yang berafiliasi dengannya.”

“Inisiatif kami datang sebagai langkah solidaritas terhadap rakyat Palestina terhadap kejahatan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang telah mereka alami selama lebih dari delapan bulan,” bunyi petisi tersebut.

Seraya menambahkan bahwa kejahatan pasukan pendudukan Israel “sengaja dilakukan.” dan secara sistematis menargetkan semua institusi pendidikan tinggi” di Jalur Gaza yang terkepung dan membunuh rektor universitas, dekan, profesor, dan mahasiswa Palestina.

Kesepakatan kemitraan ditandatangani pada September 2022.

Tuntut Diakhirinya Kemitraan dengan Institusi Israel

BERITA REKOMENDASI


600 anggota fakultas dan staf administrasi di Universitas Abdelmalek Essaadi di Tetouan, Maroko utara, telah menuntut dalam petisi yang ditujukan kepada rektor universitas untuk membatalkan perjanjian kemitraan dengan Zionis Universitas Haifa.

Para penandatangan petisi mengatakan mereka menuntut “pembatalan perjanjian yang ditandatangani dengan Universitas Haifa dan penghentian segala bentuk normalisasi dengan entitas pendudukan dan semua institusi universitas yang berafiliasi dengannya.”

Petisi tersebut menambahkan: “Inisiatif kami datang sebagai langkah solidaritas terhadap rakyat Palestina terhadap kejahatan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang telah mereka alami selama lebih dari delapan bulan.”

Dan semakin meningkat: “Kejahatan pasukan pendudukan dengan sengaja dan sistematis menargetkan semua institusi pendidikan tinggi di mana rektor universitas, dekan, profesor dan mahasiswa menjadi martir.”

Pada bulan September 2022, Universitas Abdelmalek Essaadi di Tetouan (pemerintahan) dan Universitas Jaffa menandatangani perjanjian kemitraan yang mencakup kerja sama akademik.

Banyak kota di Maroko, termasuk ibu kota Rabat, menyaksikan aksi solidaritas terhadap Jalur Gaza, yang telah berada di bawah perang Israel sejak 7 Oktober, dengan para peserta menuntut pemutusan hubungan dengan Tel Aviv, diakhirinya perang, dan masuknya bantuan. .

Pada bulan Desember 2022, Maroko dan Israel melanjutkan hubungan diplomatik melalui mediasi Amerika, sebuah langkah yang ditolak oleh sektor-sektor populer dan kekuatan politik di Kerajaan, diikuti dengan kunjungan pejabat tinggi Zionis ke Rabat, yang terhenti dengan dimulainya konflik. perang di Gaza.

(Sumber: Middle East Monitor, Saba )

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas