Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Senyum-Netanyahu Manyun, Dua Reaksi Atas Pidato Joe Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza

Biden yang terbilang suporter paling kuat atas agresi Israel di Gaza, rupanya membuat Netanyahu merengut tak senang atas proposal tersebut.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Hamas Senyum-Netanyahu Manyun, Dua Reaksi Atas Pidato Joe Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza
Kolase Tribunnews/AFP
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). 

Hamas Senyum-Netanyahu Manyun, Dua Reaksi Atas Pidato Joe Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza

TRIBUNNEWS.COM - Dua reaksi berbeda ditunjukkan oleh Gerakan Pembebasan Palestina, Hamas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, atas pidato terbaru Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden terkait proposal terbaru gencatan senjata dalam Perang Gaza.

Biden yang terbilang suporter paling kuat atas agresi Israel di Gaza, rupanya membuat Netanyahu merengut tak senang atas proposal tersebut.

Baca juga: Gilad Erdan Out, Yahya Sinwar Masih Ada, Nama Israel Kian Rusak di Mata Publik Dunia

Sebaliknya, Hamas justru seolah tersenyum atas pidato Biden karena menilai apa yang disampaikan berkorelasi dengan apa yang selama ini diperjuangkan Hamas dalam perang yang sudah memasuki bulan ke-8 sejak Oktober 2023.

Reaksi ketidaksenangan Netanyahu atas pidato Presiden AS Joe Biden itu tergambar dari pernyataannya pada Jumat malam.

"Kantor Perdana Menteri Israel mengeluarkan pernyataan yang menegaskan tekad Netanyahu “untuk tidak mengakhiri perang sampai semua tujuannya tercapai,” tulis laporan media Ibrani, dikutip Sabtu (1/6/2024).

“Pemerintah Israel bersatu dalam keinginannya untuk mengembalikan para tawanan secepat mungkin dan berupaya mencapai tujuan ini,” tambah pernyataan itu.

BERITA REKOMENDASI

"Netanyahu telah menugaskan tim perunding untuk menguraikan langkah-langkah untuk mencapai tujuan mengembalikan para tawanan yang ditahan di Jalur Gaza," menurut pernyataan itu.

Baca juga: Aksi Israel Kuasai Sepenuhnya Koridor Philadelphia Bisa Jadi Langkah Bunuh Diri IDF dan Warga Gaza

Para petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas. Hanya sepertiga dari pasukan Hamas yang bisa ditewaskan Israel dalam Perang Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan dengan kerugian ekonomi dan personel yang signifikan di pihak Tel Aviv.
Para petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas. Hanya sepertiga dari pasukan Hamas yang bisa ditewaskan Israel dalam Perang Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan dengan kerugian ekonomi dan personel yang signifikan di pihak Tel Aviv. (Photo credit: Abed Rahim Khatib/Flash90)

Hamas Sambut Baik

Di sisi lain, Gerakan Hamas justru menilai positif apa yang termuat dalam pidato Presiden AS Joe Biden yang menyerukan gencatan senjata permanen, penarikan pasukan pendudukan dari Gaza Pengupasan, rekonstruksi, dan pertukaran tahanan.

Gerakan ini menambahkan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat malam kalau mereka menganggap apa yang dinyatakan oleh Biden adalah buah perjuangan Rakyat Palestina selama ini dalam perang genosida yang dilancarkan Israel.

“Posisi Amerika dan keyakinan yang telah ditetapkan di kancah regional dan internasional mengenai perlunya mengakhiri perang di Gaza adalah buah ketabahan yang legendaris dari rakyat kami yang sedang berjuang dan perlawanan mereka yang gagah berani,” kata pernyataan Hamas.

 Hamas menegaskan posisi kesiapannya “untuk menangani secara positif dan konstruktif setiap usulan berdasarkan gencatan senjata permanen, penarikan penuh dari Jalur Gaza, rekonstruksi, pemulangan pengungsi ke semua tempat tinggal mereka, dan penyelesaian pertukaran tahanan yang serius. kesepakatan jika pendudukan mengumumkan komitmen eksplisitnya terhadap hal itu."

Isi Lengkap Proposal Gencatan Senjata Israel yang Diumumkan AS

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan Israel telah memberikannya "peta jalan baru" menuju gencatan senjata penuh di Gaza.

Biden mengatakan proposal tiga tahap Israel akan dimulai dengan fase enam minggu yang akan membuat pasukan Israel menarik diri dari seluruh wilayah berpenduduk di Gaza.

Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024.
Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024. (Kent Nishimura / AFP)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas