Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Tolak Usulan Gencatan Senjata dari AS, Yahya Sinwar: Hamas Tak Akan Meletakkan Senjata

Hamas tidak akan menyetujui kesepakatan tersebut kecuali Israel berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata secara permanen.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Tolak Usulan Gencatan Senjata dari AS, Yahya Sinwar: Hamas Tak Akan Meletakkan Senjata
khaberni/HO
Pemimpin gerakan Hamas di Gaza, Yahya Sinwar. Terkait proposal gencatan senjata yang diusulkan Amerika Serikat, Sinwar memberitahu Mesir dan Qatar selaku mediator, kalau Hamas tidak akan meletakkan senjata sebelum Israel berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata permanen. 

Israel Tolak Usulan Gencatan Senjata dari AS, Yahya Sinwar: Hamas Tak Akan Meletakkan Senjata

TRIBUNNEWS.COM - Israel menolak rancangan resolusi yang diajukan Amerika Serikat (AS) kepada Dewan Keamanan PBB, pada Kamis (6/6/2024), terkait usulan pertukaran tahanan dan penghentian perang di Jalur Gaza, yang diungkapkan Presiden AS Joe Biden beberapa hari lalu.

Menyusul penolakan Israel atas proposal pertukaran tahanan dari AS tersebut, pemimpin gerakan Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, menjelaskan kepada negara-negara mediator kalau  gerakan tersebut tidak akan setuju untuk melucuti senjata atau menandatangani perjanjian yang mengharuskan hal tersebut.

Baca juga: Israel Kecolongan, Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Periksa Pasukan dan Jalan-Jalan di Jalur Gaza

Hal ini dilaporkan di surat kabar Amerika "The Wall Street Journal" dan dilansir Khaberni, Jumat (7/6/2024).

Menurut laporan tersebut, Sinwar menekankan bahwa Hamas tidak akan menyetujui kesepakatan tersebut kecuali Israel berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata secara permanen.

AS diketahui menyerahkan rancangan resolusi tersebut pada Senin lalu, sebelum media Amerika melaporkan bahwa Washington telah menyerahkan versi modifikasi resolusi tersebut kepada Dewan Keamanan pada Kamis kemarin.

Otoritas resmi Penyiaran Ibrani, KAN, mengatakan di situsnya kalau duta besar Tel Aviv untuk PBB, Gilad Erdan, memberi tahu mitranya dari Amerika, Linda Thomas-Greenfield, “penentangan Israel terhadap rancangan resolusi yang diusulkan.”

Baca juga: Lima Negara Arab Rapat Bareng, Tekan Israel Agar Patuh ke AS Soal Gencatan Senjata dengan Hamas

Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan).
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). (X/@netanyahu)
BERITA TERKAIT

Menurut stasiun televisi tersebut, versi terbaru dari rancangan resolusi tersebut menunjukkan “perubahan dalam posisi Amerika terhadap Israel.”

Media tersebut menjelaskan kalau naskah akhir proposal tersebut “menyerukan Hamas dan Israel untuk melaksanakan usulan tersebut tanpa penundaan dan tanpa syarat,” sementara “draf proyek sebelumnya hanya meminta Hamas untuk menerima usulan tersebut.”

Versi terbaru dari proposal tersebut juga menyatakan kalau Amerika Serikat “menentang segala upaya untuk mengubah demografi atau status quo di Gaza,” menurut stasiun penyiaran tersebut.

Pada tanggal 31 Mei, Biden menyampaikan pidatonya di Gedung Putih tentang Israel yang mengajukan proposal tiga tahap yang mencakup “pertukaran tahanan” pada tahap pertama, “mempertahankan gencatan senjata” pada tahap kedua, dan “membangun kembali Gaza” pada tahap ketiga.

Baca juga: Hamas Senyum-Netanyahu Manyun, Dua Reaksi Atas Pidato Joe Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza

Mahkamah Kriminal INternasional (ICC) akan meminta surat penangkapan terhadap para pemimpin Israel dan Hamas, dua diantaranya adalah PM Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar
Mahkamah Kriminal INternasional (ICC) akan meminta surat penangkapan terhadap para pemimpin Israel dan Hamas, dua diantaranya adalah PM Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar (CNN Internasional)

Bertentangan dengan apa yang dinyatakan dalam pidato Biden, Perdana Menteri pemerintahan pendudukan Israel Benjamin Netanyahu mengatakan: “Saya tidak setuju untuk mengakhiri perang pada proposal tahap kedua,” tetapi hanya “membahas” langkah itu sesuai dengan kondisi “Tel Aviv”.

Netanyahu menekankan kalau dia “bersikeras untuk tidak mengakhiri perang.”

Perang di Gaza hanya berhenti hanya setelah semua tujuan Israel tercapai, tambah Netanyahu.

Baca juga: Perang Para Jenderal di Tentara Israel Mulai Terungkap, Herzi Halevi Mengadu ke Tembok Ratapan

Tank-tank Pasukan Israel (IDF) menyemut jelang invasi besar-besaran mereka ke Rafah, Gaza Selatan. Israel menilai Rafah yang juga hunian jutaan pengungsi, adalah benteng terakhir gerakan Hamas di Jalur Gaza.
Tank-tank Pasukan Israel (IDF) menyemut jelang invasi besar-besaran mereka ke Rafah, Gaza Selatan. Israel menilai Rafah yang juga hunian jutaan pengungsi, adalah benteng terakhir gerakan Hamas di Jalur Gaza. (khaberni)

Hamas Minta Israel Tarik Semua Pasukan dari Jalur Gaza

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas