Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebut karena Masalah Keamanan, PBB Hentikan Kirim Bantuan dari Dermaga AS di Gaza

Pengumuman PBB pada hari Minggu mengenai jeda, merupakan kemunduran terbaru bagi jalur laut AS.

Penulis: Nuryanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Sebut karena Masalah Keamanan, PBB Hentikan Kirim Bantuan dari Dermaga AS di Gaza
X/manniefabian
Dermaga terapung yang dibangun AS. Pengumuman PBB pada hari Minggu mengenai jeda, merupakan kemunduran terbaru bagi jalur laut AS. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan telah menghentikan distribusi bantuan kemanusiaan dari dermaga buatan Amerika Serikat (AS) di lepas pantai Gaza.

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia, Cindy McCain, mengatakan dia “prihatin dengan keselamatan rakyat kami” setelah apa yang terjadi di Gaza.

Pernyataan PBB itu setelah terjadi serangan militer Israel yang membebaskan empat sandera pada Sabtu (8/6/2024).

Serangan Israel itu menyebabkan 274 warga Palestina dan satu komando Israel tewas.

"Dua gudang WFP di Gaza telah dibom dan seorang staf terluka," kata Cindy McCain, Minggu (9/6/2024), dilansir AP News.

Pengumuman PBB pada hari Minggu mengenai jeda tersebut tampaknya merupakan kemunduran terbaru bagi jalur laut AS, yang dirancang untuk mencoba memberikan lebih banyak bantuan kepada masyarakat Gaza yang kelaparan.

Namun, badan PBB tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk berapa lama jeda akan berlangsung.

BERITA TERKAIT

Badan Pembangunan Internasional AS menggambarkan jeda tersebut sebagai langkah untuk memungkinkan peninjauan keamanan oleh komunitas kemanusiaan di Gaza.

USAID bekerja sama dengan Program Pangan Dunia dan mitra kemanusiaan mereka di Gaza untuk mendistribusikan makanan dan bantuan lainnya yang berasal dari dermaga yang dioperasikan AS.

Pada Maret 2024 lalu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan dalam pidato kenegaraannya bahwa ia telah mengarahkan militer AS untuk mendirikan dermaga sementara.

Selesai pada pertengahan Mei, dermaga AS hanya beroperasi sekitar satu minggu sebelum terhenti karena kerusakan akibat badai selama dua minggu.

Baca juga: Soal Gencatan Senjata di Gaza, Blinken Kembali Lakukan Perjalanan ke Timur Tengah, Hamas Desak AS

Proyek AS ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan dalam jumlah terbatas ke Gaza, di mana pembatasan Israel terhadap penyeberangan darat dan pertempuran telah menyebabkan lebih dari 1 juta dari 2,3 juta penduduk Gaza berada di ambang kelaparan.

Kembalinya operasi proyek dermaga AS pada hari Sabtu terjadi pada hari yang sama ketika Israel melancarkan serangan udara dan darat besar-besaran yang menyelamatkan empat sandera, yang telah disandera oleh Hamas selama serangan 7 Oktober yang melancarkan perang di Gaza.

Sebelumnya pada hari itu, Israel mengatakan mereka menyelamatkan empat sandera Israel dari Jalur Gaza tengah setelah operasi militer terhadap pengungsi terjadi, Sabtu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas