Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hizbullah Ubah Galilea-Tiberias Jadi Neraka Terbakar, 8 Pesawat & 21 Tim Pemadam Israel Kerepotan

Kebakaran hebat bak neraka terbakar di wilayah utara pendudukan Israel itu terjadi akibat ratusan roket yang ditembakkan dari Lebanon pada Rabu

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Hizbullah Ubah Galilea-Tiberias Jadi Neraka Terbakar, 8 Pesawat & 21 Tim Pemadam Israel Kerepotan
arsip/Khaberni
Kebakaran hebat di Galilea Atas akibat roket yang diluncurkan dari Lebanon oleh gerakan perlawanan Hizbullah. 

Hizbullah Ubah Galilea dan Tiberias Jadi Neraka yang Terbakar, 21 Tim Pemadam Israel Kerepotan

TRIBUNNEWS.COM - Front Dalam Negeri Pemerintahan Israel dilaporkan mengerahkan sebanyak 21 tim pemadam kebakaran dan 8 pesawat untuk memadamkan api yang terjadi di wilayah pendudukan utara Palestina.

Kebakaran hebat bak neraka terbakar di wilayah utara pendudukan Israel itu terjadi akibat roket yang ditembakkan dari Lebanon pada Rabu (15/6/2024).

Upaya puluhan tim pemadam ditambah pengerahan pesawat dilaporkan masih terus dilakukan karena api susah ditaklukkan mengingat sejumlah faktor seperti cuaca dan angin yang membuat rambatan api menjelar lebih luas dan cepat.

Laporan Khaberni, menyebut, pada Rabu pagi, lebih dari 150 rudal diluncurkan dari Lebanon, beberapa di antaranya menyebabkan kebakaran di sejumlah daerah.

Baca juga: 40 Rudal Lebanon Meluncur ke Galilea, Roket Pencegat Israel Sibuk di Golan, Sirene Meraung di Haifa

"Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, terbakar setelah Hizbullah meluncurkan 160 rudal pada hari ini, Rabu (12/6/2024)," tulis laporan Khaberni.

Pawai rudal Hizbullah itu dalam aksi balasan atas serangan udara Israel yang menewaskan tiga anggota Hizbullah dan seorang komandan senior Hizbullah pada Rabu pagi.

BERITA TERKAIT

Setidaknya, 160 rudal telah terdeteksi sejak pagi hari, 70 di antaranya ditembakkan ke Jabal Jarmaq dan Galilea Barat.

Dewan Regional Israel setempat di Galilea Atas juga mengeluarkan rekomendasi kepada penduduk kota-kota Israel untuk tinggal di dekat tempat perlindungan dan tempat yang aman.

Menyusul serangan itu, sirene peringatan serangan udara terdengar di Safed, Tiberias, dan beberapa kota di Galilea Atas, Israel utara.

Hari ini, untuk pertama kalinya sirene peringatan itu dibunyikan di Tiberias sejak serangan Hizbullah pada 8 Oktober 2023, yang menandakan meluasnya jangkauan Hizbullah di wilayah itu, dikutip dari Al Araby.

160 Rudal Hizbullah Bakar Israel Utara

Hizbullah mengumumkan mereka telah menargetkan sejumlah lokasi militer di Israel utara pada hari ini, Rabu (12/6/2024).

Hizbullah mengatakan operasi militer ini dilakukan sebagai dukungan terhadap warga Palestina di Jalur Gaza dan tanggapan atas pemboman Israel di desa-desa Lebanon, serta tanggapan atas pembunuhan empat anggotanya termasuk komandan senior Hizbullah pagi ini.

Baca juga: 4 Anggota Hizbullah Tewas dalam Serangan Israel termasuk Komandan Senior

"Mujahidin menargetkan pabrik Blasan untuk industri militer, yang khusus memproduksi lapis baja dan melindungi mesin dan kendaraan untuk tentara pendudukan di pemukiman Sasa," kata Hizbullah dalam pernyataannya, dikutip dari Al Mayadeen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas