Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahli Militer: Taktik Qassam Pintar Adaptasi Perang Panjang, Hizbullah Bunuh Israel Secara Perlahan

Meski unggul dalam segala hal, kenyataannya Tentara Israel masih berperang hingga sembilan bulan di Gaza. Qassam punya taktik pintar

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ahli Militer: Taktik Qassam Pintar Adaptasi Perang Panjang, Hizbullah Bunuh Israel Secara Perlahan
Photo credit: Abed Rahim Khatib/Flash90
Para petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas. Hanya sepertiga dari pasukan Hamas yang bisa ditewaskan Israel dalam Perang Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan dengan kerugian ekonomi dan personel yang signifikan di pihak Tel Aviv. 

Ahli Militer: Taktik Al Qassam Pintar Beradaptasi, Hizbullah Bunuh Israel Secara Perlahan

TRIBUNNEWS.COM - Pakar militer dan ahli strategis dari Yordania, Nidal Abu Zaid memberikan analisisnya terkait perkembangan situasi dan pertempuran di Gaza dan wilayah pendudukan utara Israel di perbatasan Lebanon.

Dilansir Khaberni, Abu Zaid menyebut, meski tentara Israel (IDF) memiliki keunggulan dalam hal intelijen teknis, teknologi, dan pengintaian tingkat lanjut, namun milisi Brigade Al Qassam, sayap perlawanan Hamas, mampu mengimbanginya dengan mengubah topografi operasi penyerangan dan penyergapan. 

Baca juga: Skenario Gencatan Senjata Gaza Gagal, Hizbullah Punya 1 Juta Rudal, Israel Menyerang 1 September

Abu Zaid menjelaskan, IDF menerapkan konsep “pemadaman api,” yang digunakan secara luas oleh tentara Israel selama perang Gaza.

Artinya, IDF akan menerjunkan pasukan dan beroperasi di wilayah yang mereka curigai sebagai kantung-kantung milisi perlawanan atau di mana mereka mendapatkan info adanya sandera berada.

Setelah 'membongkar' wilayah itu dengan kekuatan besar, IDF lazimnya menarik pasukan untuk diterjunkan ke wilayah target lainnya di Gaza.

"Ini menunjukkan kalau pasukan pendudukan sedang mencoba menerapkan prinsip bahwa apa yang tidak dibasmi secara keras akan timbul dengan kekerasan yang lebih besar. Namun prinsip ini telah terbukti kegagalannya sejak awal operasi di Gaza," kata dia.

BERITA REKOMENDASI

Satu di antara penyebab kegagalan konsep tempur IDF ini adalah adaptasi strategi milisi perlawanan yang disesuaikan dengan reaksi dan manuver pasukan pendudukan Israel.

Abu Zaid menganalisis, Al Qassam saat ini lebih secara pintar melakukan penyerangan tanpa harus boros dalam penggunaan amunisi dan senjata serta personel pasukan.

Baca juga: Al Qassam Hajar 2 Tank Merkava di Rafah, IDF Mandi Mortir di Zaytoun, Adu Kuat Strategi di Netzarim

Petempur Brigade Al Qassam, sayap bersenjata Hamas. Operasi darat tentara Israel di Rafah direspons dengan perlawanan sengit Brigade Al Qassam dan faksi milisi lain perlawanan Palestina.
Petempur Brigade Al Qassam, sayap bersenjata Hamas. Operasi darat tentara Israel di Rafah direspons dengan perlawanan sengit Brigade Al Qassam dan faksi milisi lain perlawanan Palestina. (khaberni/HO)

Begitu juga dengan pengerahan pasukan, Qassam cenderung melakukan 'fregmentasi' pasukan, memecahnya ke dalam unit-unit kecil untuk melakukan penyergapan.

Selain dapat bisa secara cepat mundur kala eskalasi pertempuran membesar, strategi ini juga sangat efektif 'menghemat' personel karena kalau pun mereka terdesak, jumlah anggota yang gugur hanya terbatas pada unit kecil tersebut.

Strategi di lapangan ini kemudian dikoordinasikan dengan jalur diplomatik yang membuat Israel tidak hanya tertekan di medan pertempuran tapi juga di panggung komunitas internasional.

Faktor-faktor ini yang membuat Hamas tetap lestari meski Israel sudah mengerahkan kekuatan dahsyat dari sisi militer dan politik selama sembilan bulan terakhir.

"Perlawanan baru-baru ini mulai mengandalkan fragmentasi kekuatan dan tidak terlibat dalam bentrokan yang menentukan (besar-besaran), yang dengan jelas menunjukkan kalau milisi perlawanan telah memisahkan jalur militer dari jalur diplomatik dan merencanakan skenario terburuk yang mungkin terjadi di masa depan," kata-kata Abu Zaid.

Baca juga: 3 Hal di Balik Remuknya Israel di Jabalia: IDF Salahkan Politisi, Qassam Kini Kuasai Jurus Hizbullah

Pasukan Israel (IDF) melakukan operasi militer di Jabalia, Gaza Utara, 14 Mei 2024. Operasi IDF di Jabalia mendapat perlawanan sengit Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas.
Pasukan Israel (IDF) melakukan operasi militer di Jabalia, Gaza Utara, 14 Mei 2024. Operasi IDF di Jabalia mendapat perlawanan sengit Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas. (Emanuel Fabian/Times of Israel)

IDF Tak Mau Remuk Seperti di Jabalia

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas