Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siswa di Los Angeles Dilarang Pakai HP di Sekolah demi Cegah 'Generasi Menunduk'

Dewan sekolah di Los Angeles akan melarang penggunaan ponsel bagi siswa selama di sekolah untuk mencegah kecanduan gadget dan gangguan mental.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Siswa di Los Angeles Dilarang Pakai HP di Sekolah demi Cegah 'Generasi Menunduk'
freepik
Ilustrasi anak kecanduan gadget. --- Dewan sekolah di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) akan melarang siswa pakai HP di sekolah. 

TRIBUNNEWS.COM - Dewan Distrik Sekolah Terpadu Los Angeles (LAUSD) memberikan suara 5-2 pada Selasa (18/6/2024), untuk mendukung larangan penggunaan ponsel bagi siswa selama di sekolah.

Larangan ini menyusul keluhan dari guru sekolah menengah di Amerika Serikat (AS) yang mengatakan penggunaan ponsel di kalangan siswa adalah masalah besar di kelas.

Kebijakan ini akan berlaku pada semester musim semi tahun 2025.

Menurut LAUSD, masalah ini menjadi hambatan bagi siswa dalam proses belajar mengajar.

"Kecanduan siswa terhadap ponsel telah mengganggu sosialisasi, kesehatan mental dan keberhasilan akademis mereka," kata anggota dewan, Nick Melvoin, pada Selasa lalu.

"Siswa kami terpaku pada ponsel mereka, tidak seperti orang dewasa," lanjutnya.

Ia lalu menjelaskan apa yang terjadi pada para siswa yang kecanduan ponsel.

BERITA REKOMENDASI

"Mereka diam-diam scrolling (HP) di sekolah saat jam pelajaran. Mereka menunduk melihat ponsel saat menyusuri lorong. Mereka tidak berbicara satu sama lain atau bermain saat makan siang atau istirahat karena mereka memakai AirPods," ujarnya.

Dalam kampanye anggota dewan yang mendukung larangan itu, mereka mengutip sejumlah penelitian yang menyebutkan bahaya kecanduan ponsel.

"Penelitian menunjukkan penggunaan ponsel secara berlebihan berdampak pada kesehatan mental dan kesejahteraan remaja serta dikaitkan dengan peningkatan stres, kecemasan, depresi, masalah tidur, perasaan agresif, dan pikiran untuk bunuh diri," tulis anggota dewan yang mendukung larangan tersebut.

"Penelitian menunjukkan bahwa membatasi penggunaan ponsel dan akses media sosial selama hari sekolah akan meningkatkan kinerja akademik dan berdampak positif pada kesehatan mental siswa," kata para pendukungnya, dikutip dari CNN.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

Setelah berlaku, larangan itu akan melampaui kebijakan distrik sekolah yang sudah ada sejak 2011, yang melarang siswa menggunakan ponsel selama pengajaran di kelas dan membatasi penggunaan media sosial di sekolah hanya untuk tujuan pendidikan.

Pro dan Kontra

Larangan penggunaan ponsel selama di sekolah disambut baik oleh sejumlah orang.

Namun, LAUSD masih mencari solusi untuk menjawab kekhawatiran orang tua yang ingin menghubungi anaknya jika terjadi keadaan darurat di sekolah.

Ilustrasi anak kecanduan gadget
Ilustrasi anak kecanduan gadget (freepik)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas