Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gampang Disadap, Vladimir Putin Tak Pakai Smartphone Tapi Telepon Khusus yang Canggih

Putin menggunakan telepon super aman dengan perlindungan berlapis untuk mencegah penyadapan dan perangkat tersebut beroperasi melalui satelit militer.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Gampang Disadap, Vladimir Putin Tak Pakai Smartphone Tapi Telepon Khusus yang Canggih
Foto: Sputnik
Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Putin menggunakan telepon super aman dengan perlindungan berlapis untuk mencegah penyadapan dan perangkat tersebut beroperasi melalui satelit militer.

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA -  Sekretaris Pers Presiden Rusia, Dmitry Peskov, pernah berbagi dengan media bahwa memiliki smartphone (ponsel pintar) berarti mengekspos diri Anda secara sukarela, menampilkannya sepenuhnya secara transparan.

"Saat Anda memilih ponsel cerdas, Anda sadar bahwa Anda telah mencentang kotak yang mengatakan segala sesuatu harus dipublikasikan," demikian Peskov dalam informasi yang diposting di VOV.

Sepertinya Peskov hendak mengatakan bahwa menjadi presiden tidak boleh memiliki ponsel pintar apalagi di negara seperti Rusia.

Setiap kali media bertanya kepada Peskov dengan pertanyaan tentang ponsel kepresidenan, jawabannya selalu sama.

Pada tahun 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengakui bahwa dia tidak memiliki ponsel pintar saat pertemuan Dewan Sains dan Pendidikan, menurut media TASS.

Sebelum era smartphone, ia juga bercerita tentang tidak menggunakan ponsel biasa.

BERITA TERKAIT

Pada tahun 2005 di awal masa jabatannya yang kedua, Putin berkata “Jika saya memiliki telepon seluler, telepon itu tidak akan pernah berhenti berdering. Bahkan di rumah, aku tidak pernah mengangkat telepon."

Baca juga: Vladimir Putin-Kim Jong-un Tertawa Bareng di Limosin Mewah Rusia, AS Berkeringat Luar Biasa

Surat kabar Dan Tri melaporkan bahwa selama pertemuan dengan mahasiswa Rusia pada tahun 2017,  Vladimir Putin ditanya apakah dia menggunakan situs jejaring sosial?

Jawaban Putin jelas bahwa dia jarang mengakses internet.

Putin pernah mengungkapkan bahwa dia tidak menggunakan ponsel pintar di tempat kerja karena dia lebih memilih alat komunikasi lain.

Ia mengakui kemajuan teknologi harusnya terus melaju namun ia merasa nyaman jika tidak ada gadget modern di sekitarnya.

Telepon khusus hanya untuk Presiden Putin

Menurut informasi yang diposting di saluran media, Sputnik mengutip sumber yang dekat dengan Kremlin yang mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan telepon khusus.

Berdasarkan uraiannya, ponsel Presiden Putin ini lebih tebal dibandingkan smartphone biasa dan memiliki banyak lapisan keamanan, termasuk fitur pencegah gangguan sinyal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas