Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Shin Bet Bebaskan 50 Warga Palestina Gegara Penjara Penuh, Direktur RS Al-Shifa Bikin Heboh Tel Aviv

Pembebasan Abu Salmiya telah membuat marah para menteri di pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Shin Bet Bebaskan 50 Warga Palestina Gegara Penjara Penuh, Direktur RS Al-Shifa Bikin Heboh Tel Aviv
khaberni
Direktur Kompleks Medis Rs Al Shifa di Gaza, Muhammad Abu Salamiya, dibebaskan badan keamanan Israel, Shin Bet pada Senin (1/7/2024) karena alasan penuhnya penjara. 

Israel Bebaskan 50 Warga Palestina Gegara Penjara Kepenuhan, Direktur RS Al-Shifa Bikin Menteri Israel Saling Tuduh

TRIBUNNEWS.COM - Israel hari ini membebaskan direktur Kompleks Medis Al-Shifa di Kota Gaza setelah menahannya selama lebih dari tujuh bulan.

Dr Mohammed Abu Salmiya termasuk di antara 50 warga Palestina yang dibebaskan di perbatasan timur Gaza tengah dan selatan, menurut Anadolu.

Baca juga: Shejaiya Kembali Makan Korban Tentara Israel, Al-Qassam Hanguskan 2 Merkava, Hamas Sembuhkan Diri

Otoritas Penyiaran Israel, KAN mengatakan pada Senin (1/7/2024) kalau pembebasan direktur Kompleks Medis Al Shifa, Muhammad Abu Salamiya, bersama dengan orang lain yang ditangkap selama perang di Gaza, terjadi karena penjara penuh

Orang-orang yang dibebaskan diangkut ke Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir Al-Balah dan Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis.

Abu Salmiya ditangkap pada tanggal 23 November bersama dengan beberapa staf medis saat melakukan perjalanan melalui Jalan Salah Al-Din dari Kota Gaza ke wilayah selatan Jalur Gaza setelah militer Israel menyerang Rumah Sakit Al-Shifa.

Dia menggambarkan kondisi para tahanan sebagai “tragis, belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Palestina, dengan kekurangan makanan yang parah dan penghinaan fisik.”

BERITA TERKAIT

Israel membebaskan 50 warga Palestina yang ditahan di Gaza
Dia menekankan perlunya tindakan tegas untuk membebaskan semua tahanan dari penjara-penjara Israel, dan mencatat bahwa kesulitan yang dihadapi para tahanan tidak ada bandingannya sejak Nakba.

“Pendudukan Israel menangkap semua orang, dan staf medis tewas di penjara Israel karena penyiksaan dan kurangnya perawatan medis,” tegasnya.

“Musuh telah menunjukkan kekejamannya dalam menangani tahanan dan petugas medis. Ratusan staf medis menjadi sasaran dan disiksa di penjara pendudukan,” tambahnya.

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir:
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir: (khaberni)

Menteri Israel Marah

Pembebasan Abu Salmiya telah membuat marah para menteri di pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dalam postingan di X, Menteri Urusan Diaspora Amichai Chikli menggambarkan pembebasan Abu Salmiya tanpa kompensasi sebagai hal yang “tidak dapat ditoleransi.”

“Keputusan ini tidak disetujui oleh pemerintah atau Kabinet, dan siapa pun yang berada di belakang keputusan ini harus bertanggung jawab atas keputusan yang lalai dan merugikan keamanan Israel,” tambahnya.

Menteri Permukiman Orit Strock menulis: “Tidak dapat dibayangkan hal seperti ini akan terjadi tanpa pertemuan pemerintah!”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas