Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Spanyol Gabung Afrika Selatan Laporkan Israel ke ICJ, PBB: Kutukan Tak Ada Artinya Tanpa Tindakan

Spanyol kini bergabung dengan kasus Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ).

Penulis: Nuryanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Spanyol Gabung Afrika Selatan Laporkan Israel ke ICJ, PBB: Kutukan Tak Ada Artinya Tanpa Tindakan
AFP/EYAD BABA
Ilustrasi - Asap mengepul di dekat kamp darurat bagi pengungsi Palestina di daerah Tel al-Sultan di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 30 Mei 2024. Spanyol bergabung dengan kasus Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ). 

TRIBUNNEWS.COM - Spanyol bergabung dengan kasus Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ) yang menuduh Israel melakukan genosida di Gaza.

Pelapor khusus PBB untuk situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki, Francesca Albanese, menyambut baik keputusan Spanyol.

Francesca Albanese berharap, tindakan Spanyol adalah awal dari lebih banyak negara Barat yang mengambil tindakan serupa untuk “berdiri di sisi sejarah yang benar”.

"Kata-kata kutukan tidak ada artinya tanpa tindakan," ungkapnya, Senin (1/7/2024), seperti diberitakan Al Jazeera.

"Faktanya, puluhan tahun kata-kata belaka telah memungkinkan Israel meningkatkan pelanggaran hukumnya terhadap Palestina menjadi genosida," jelas dia.

Spanyol Ajukan Permohonan

Pada Kamis (6/6/2024) lalu, Spanyol menjadi negara Eropa pertama yang meminta izin pengadilan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk bergabung dalam kasus Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida di Gaza.

Afrika Selatan mengajukan kasusnya ke Mahkamah Internasional akhir tahun lalu.

BERITA TERKAIT

Mahkamah tersebut menuduh Israel melanggar konvensi genosida dalam serangan militernya yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza.

Pengadilan telah memerintahkan Israel untuk segera menghentikan serangan militernya di kota Rafah di Gaza selatan, tetapi tidak memerintahkan gencatan senjata untuk wilayah kantong itu.

Israel belum mematuhinya dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan melakukannya.

Baca juga: Israel Dilaporkan Bakal Gempur Lebanon Akhir Juli, tapi Bisa Batal jika Hizbullah Hentikan Serangan

“Tidak ada keraguan bahwa Spanyol akan tetap berada di sisi sejarah yang benar,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez setelah menteri luar negerinya membuat pengumuman tersebut, dilansir AP News.

Meksiko, Kolombia, Nikaragua, Libya, dan Palestina sedang menunggu Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, untuk memberikan persetujuan atas permintaan mereka untuk bergabung dalam kasus tersebut.

Di sisi lain, Israel membantah melakukan genosida dalam operasi militernya untuk menghancurkan Hamas yang dipicu oleh serangan mematikan pada 7 Oktober di Israel selatan.

Update Perang Israel-Hamas

Ratusan pasien Palestina terpaksa meninggalkan Rumah Sakit Eropa dan kamp tenda bagi para pengungsi di Khan Younis telah kosong setelah tentara Israel memerintahkan evakuasi segera wilayah timur kota terbesar kedua di Gaza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas