Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

2 Markas Besar Militer Israel Dihantam Ratusan Roket Hizbullah, Sirene di Wilayah Utara Meraung

Setidaknya 100 roket diluncurkan Hizbullah dan menghantam dua markas besar militer Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in 2 Markas Besar Militer Israel Dihantam Ratusan Roket Hizbullah, Sirene di Wilayah Utara Meraung
khaberni/HO
Gambar Ilustrasi. Kelompok milisi Lebanon, Hizbullah dilaporkan menyergap konvoi tentara Israel dan menghujani IDF dengan berbagai jenis tembakan mulai dari peluru artileri, rudal berpemandu, hingga senjata anti tank di Ruwaisat Al-Alam, Kamis (25/4/2024) malam - Setidaknya 100 roket diluncurkan Hizbullah dan menghantam dua markas besar militer Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, Rabu (3/7/2024). 

TRIBUNNEWS.com - Hizbullah mengumumkan pihaknya telah menembakkan 100 roket Katyusha ke dua target Israel pada Rabu (3/7/2024), sebagai balas dendam atas serangan Zionis yang menewaskan seorang komandan senior Hizbullah.

"Sebagai bagian dari respons terhadap serangan dan pembunuhan yang dilakukan musuh di kota pesisir selatan Tyre, pejuang Hizbullah menyerang dua markas besar militer Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki menggunakan 100 roket Katyusha," kata Hizbullah, dilansir Al Arabiya.

Serangan ini telah dikonfirmasi media Israel, Channel 12 Israel, yang membenarkan, lusinan roket ditembakkan ke Israel utara dari Lebanon.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa, meski sirene serangan udara terdengar berbunyi keras di beberapa wilayah Israel utara.

Dilansir Al Mayadeen, serangan Hizbullah itu berhasil mengenai dua markas besar militer, yaitu markas besar Divisi Teritorial Bashan ke-210 di Barak Nafah, serta bagian Resimen Utara Komando Pertahanan Udara Israel dan Angkatan Udara di Barak Kela.

Sebagai informasi, Divisi Teritorial ke-210 memimpin enam brigade, satu batalion sinyal, satu batalion intelijen lapangan, dan satu kompi teknik tempur, yang bertanggung jawab untuk garis depan di perbatasan Suriah melalui Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Akun media sosial dan outlet media Israel menangkap rekaman asap yang mengepul di Dataran Tinggi Golan setelah beberapa roket Hizbullah menghantam daerah tersebut.

BERITA TERKAIT

Pejuang Hizbullah juga menyerang markas Brigade Teritorial Hiram ke-769 di Barak Kiryat Shomna, menggunakan rentetan peluru artileri roket Falaq kaliber lebih besar.

Mereka juga memperbarui serangan roketnya ke Barak Kela yang menargetkan bagian infanteri terdekat dari pangkalan tersebut, yang menghadapi rentetan puluhan roket tipe Grad pada pukul 18.43 waktu setempat

Bersamaan dengan itu, Hizbullah menembakkan roket Burkan kaliber berat, yang dapat membawa hulu ledak yang beratnya mencapai 500 kg, ke Barak Zar'it Israel.

Sirene peringatan berbunyi di seluruh permukiman mulai dari Western Upper al-Jalil hingga al-Jalili Pandhandle dan di Dataran Tinggi Golan pada beberapa kesempatan pada Rabu.

Baca juga: Pemilik Restoran di Vietnam Usir Keluarga Israel: Kami Hanya Menerima Manusia, Anjing, dan Kucing

Hizbullah juga melakukan beberapa serangan lainnya, sejalan dengan dukungannya yang terus berlanjut kepada rakyat Palestina.

Hal ini termasuk penembakan terhadap situs militer al-Raheb menggunakan peluru artileri dan penghancuran perangkat keras Israel yang dipasang di situs militer Birket Risha.

Serangan terhadap pangkalan Nafah merupakan salah satu serangan terdalam yang dilakukan oleh Hizbullah sejak 8 Oktober 2023.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas