Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Proksi AS di Suriah Cemas atas Kemungkinan Rekonsiliasi Suriah dan Turki

Proksi AS di Suriah cemas atas kemungkinan rekonsiliasi Damaskus-Ankara.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Proksi AS di Suriah Cemas atas Kemungkinan Rekonsiliasi Suriah dan Turki
AFP
Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur (AANES) yang dipimpin Kurdi menyatakan keprihatinan atas potensi kemajuan dalam rekonsiliasi antara Damaskus dan Ankara. . 

Proksi AS di Suriah Cemas atas Kemungkinan Rekonsiliasi Suriah dan Turki

TRIBUNNEWS.COM- Proksi AS di Suriah cemas atas kemungkinan rekonsiliasi Damaskus-Ankara.

Meskipun ada ketegangan berkepanjangan dengan Damaskus, kelompok Kurdi yang didukung AS telah menyatakan keterbukaan untuk berkoordinasi dengan Suriah melawan Turki.

Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur (AANES) yang dipimpin Kurdi telah menyatakan keprihatinan atas potensi kemajuan dalam rekonsiliasi antara Damaskus dan Ankara.

“Kerusuhan baru-baru ini di Afrin, Al-Bab, Al-Rai, dan Azaz adalah akibat langsung dari kedekatan Turki dengan Damaskus, yang menuntut penarikan Turki dari seluruh wilayah Suriah,” Fathullah Husseini, perwakilan AANES di Kurdistan utara Irak. wilayah tersebut, kepada The New Arab pada 3 Juli.

Dia menambahkan bahwa janji Turki untuk melindungi kelompok oposisi bersenjata, yaitu koalisi faksi Tentara Nasional Suriah (SNA) yang didukung Turki, telah dirusak oleh pembicaraan antara Damaskus dan Ankara.

Husseini mengatakan bahwa Pasukan Demokratik Suriah (SDF), milisi Kurdi yang didukung AS dan terkait dengan AANES, “tidak memiliki rencana militer” yang ditujukan ke kota Afrin di timur laut Suriah dan berkomitmen pada perjanjian untuk “perlindungan diri dan anti- terorisme” dengan pendudukan ilegal tentara AS di negara tersebut.

BERITA TERKAIT

“Setiap perjanjian Turki-Suriah di barat laut Suriah terutama akan berdampak negatif terhadap suku Kurdi, termasuk AANES dan Wilayah Kurdistan di Irak, di mana Turki telah mengintensifkan operasi terhadap basis Partai Pekerja Kurdistan (PKK),” Husseini memperingatkan.

Dia juga mengutuk komitmen terbatas Damaskus terhadap pembicaraan antara AANES dan pemerintah Suriah.

Terdapat ketegangan yang sudah berlangsung lama antara negara-negara Arab dan pasukan Kurdi yang didukung AS di Suriah utara.

Tahun lalu, suku-suku Arab bersatu dalam pemberontakan bersenjata melawan SDF di beberapa daerah, termasuk Deir Ezzor di timur laut.

Beberapa bulan sebelumnya, perwakilan AANES dan SDF telah mengadakan dialog dengan pemerintah Suriah.

Meskipun ada ketegangan antara Damaskus dan Kurdi karena aspirasi otonomi dan kemerdekaan di Suriah, SDF telah menyatakan keterbukaan untuk berkoordinasi dengan Suriah melawan pendudukan Turki.

Wakil ketua Dewan Eksekutif AANES, Hassan Kocher, mengatakan kepada kantor berita Hawar pada hari Rabu bahwa pemerintahan otonom siap untuk melakukan pembicaraan dengan Damaskus dan untuk “pembebasan daerah-daerah yang diduduki [Turki] bersama dengan tentara Suriah.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas