Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

2 Tentara Israel Tewas usai Hizbullah Luncurkan 200 Drone untuk Balas Kematian Komandannya

Dua tentara Israel tewas setelah Hizbullah meluncurkan 200 drone ke perbatasan utara pada Kamis (4/7/2024) untuk balas kematian komandannya.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in 2 Tentara Israel Tewas usai Hizbullah Luncurkan 200 Drone untuk Balas Kematian Komandannya
IDF
Itai Galaa (kiri), wakil komandan kompi di unit 8679 dan Eyal Mimran (kanan). Mereka adalah 2 tentara Israel yang tewas dalam pertempuran melawan Hizbullah pada Kamis (4/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengakui dua tentaranya tewas dalam pertempuran melawan Hizbullah di perbatasan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, dan Lebanon selatan pada Kamis (4/7/2024) kemarin.

Mereka yang tewas adalah Itai Galaa (38), wakil komandan kompi di unit 8679, Uzbet Yiftah (679) dan Eyal Mimran (20), dari Menes Ziona dari Batalyon 101.

Itai Galaa tewas setelah terkena rudal yang ditembakkan dari wilayah Lebanon.

IDF juga mengevakuasi sejumlah tentara yang terluka di Golan menggunakan helikopter militer ke Rumah Sakit Rambam di Haifa dan Pusat Medis Ziv di Safed.

Selain itu, Radio Angkatan Darat Israel mengumumkan serangan langsung di dua bangunan di daerah Rajba, utara Akko.

"Kami telah kehilangan (kendali di) wilayah utara," lapor Kan, kemarin.

Sebelumnya, Hizbullah mengumumkan mereka telah menembakkan lebih dari 200 rudal ke daerah-daerah di Israel utara sebagai respons terhadap serangan Israel yang mengakibatkan kematian seorang komandannya, Muhammad Nimah Nasser di Lebanon selatan pada Rabu (3/7/2024).

BERITA TERKAIT

“Pejuang kami telah menembakkan dua ratus rudal dari berbagai jenis ke markas Divisi 91 yang baru didirikan di barak Ayelet, markas Brigade Lapis Baja ke-7 di barak Katsavia, dan markas besar Divisi 91 yang baru didirikan di barak Ayelet," kata Hizbullah dalam pernyataannya, kemarin.

Serangan itu menargetkan kendaraan lapis baja Brigade ke-7 di barak (Gamla), markas Divisi 210, Divisi Golan, di pangkalan (Nafah), dan markas resimen artileri (ke-210) Divisi di barak (Yarden).

Hizbullah mengatakan serangan itu untuk mendukung rakyat Palestina di Jalur Gaza, mendukung perlawanan mereka yang berani dan terhormat, dan sebagai respons terhadap serangan dan pembunuhan yang dilakukan oleh Israel di Al- Daerah Hawsh di kota Tirus.

Setidaknya, 13 tentara Israel tewas selama seminggu terakhir.

Baca juga: Balas Dendam Komandan Dibunuh, Hizbullah Lancarkan Serangan Besar ke Israel, Targetkan Lokasi Baru

Kan melaporkan 17 tentara Israel terluka dalam 24 jam terakhir, menambah jumlah korban terluka menjadi 4.066 sejak 7 Oktober 2023.

Selain pertempuran di perbatasan dengan Lebanon, sejumlah tentara Israel tewas dalam penyergapan oleh gerakan Hamas di daerah Shujaiya, Kota Gaza.

Sejak 8 Oktober 2023, Hizbullah menyatakan bergabung dengan perlawanan membela rakyat Palestina yang menghadapi agresi Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas