Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca Dilantik, PM Baru Inggris Keir Starmer Janji Bakal Dukung Rencana ICC Tangkap Netanyahu Cs

Ini mengemuka setelah Starmer mengatakan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahwa Palestina memiliki hak tak terbantahkan menjadi sebuah negara.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pasca Dilantik, PM Baru Inggris Keir Starmer Janji Bakal Dukung Rencana ICC Tangkap Netanyahu Cs
Instagram @keirstarmer, @b.netanyahu
PM Inggris Keir Starmer dan PM Israel Benjamin Netanyahu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Keir Starmer perdana menteri (PM) baru Inggris menegaskan bahwa pihaknya bakal mendukung penuh upaya Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menangkap 2 tokoh militer Israel.

Adapun dua pejabat tinggi Israel itu adalah PM Israel Benyamin Netanyahu dan menhan Yoav Galant, keduanya dituduh telah menjadi dalang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Jalur Gaza.

Dukungan ini mengemuka setelah Starmer mengatakan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahwa Palestina memiliki hak tak terbantahkan untuk menjadi sebuah negara.

Tak sampai disitu untuk menanggulangi bertambahnya korban jiwa di Gaza akibat serangan udara yang dilakukan Israel, Starmer yang baru diangkat jadi PM Inggris menggantikan Rishi Sunak yang kalah dalam pemilihan umum (Pemilu) tak segan mendesak PM Israel Benyamin Netanyahu agar sang pemimpin Zionis segera melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

Baca juga: PM Inggris Baru, Keir Starmer Menyerukan Perlunya Gencatan Senjata di Gaza yang Jelas dan Mendesak

“Kebutuhan yang jelas dan mendesak akan gencatan senjata, kembalinya sandera, dan peningkatan segera dalam jumlah bantuan kemanusiaan yang menjangkau warga sipil,” kata Keir Starmer kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sebelum seruan penangkapan Netanyahu dilontarkan oleh Starmer, pemimpin oposisi, ini sempat dituduh sebagai tokoh yang pro Israel dan tidak menyerukan gencatan senjata, mengambil tindakan yang sama dengan Perdana Menteri Konservatif Rishi Sunak. Namun hal tersebut langsung ditentang oleh Starmer.

BERITA REKOMENDASI

Di bawah pemerintahan Starmer, Inggris menegaskan bakal membatalkan argumen hukum terkait ICC yang pernah diajukan oleh pemerintahan sebelumnya.

"Saya memahami penderitaan yang berkelanjutan dan banyaknya korban jiwa di Gaza," ujar Starmer dikutip dari the Guardian.

Kendati Starmer menentang tindakan Invasi yang dilakukan Israel, namun ia meyakinkan Netanyahu bahwa Inggris ingin melanjutkan kerja sama penting untuk mencegah ancaman jahat dengan Israel.

Negara Eropa Membelot, Ingin ICC Segera Tangkap Netanyahu:

1. Norwegia

Norwegia menjadi negara Eropa pertama yang mengumumkan akan menangkap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant apabila surah perintah penangkapan dikeluarkan panel hakim Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

“Apabila surat perintah penangkapan dikeluarkan terhadap Netanyahu dan Gallant atas nama Pengadilan Den Haag, mereka akan diwajibkan untuk menangkap kedua orang itu apabila tiba di Norwegia,” ujar Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas