Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yordania Dituduh Berada di Balik Upaya Sabotase Perundingan Palestina yang Diselenggarakan Tiongkok

Yordania berada di balik upaya sabotase terhadap perundingan Palestina yang diselenggarakan Tiongkok, Sebuah Laporan mengungkapkan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Yordania Dituduh Berada di Balik Upaya Sabotase Perundingan Palestina yang Diselenggarakan Tiongkok
JN/tangkap layar
Angkatan Bersenjata Yordania (JAF) - Tentara Arab pada Kamis (30/5/2024) kembali melancarkan 3 kali bantuan kemanusiaan dan makanan ke sejumlah lokasi di Jalur Gaza selatan. Ini menjadi airdrop ke-100 yang dilakukan Yordania sejak dimulainya invasi Israel ke Gaza per 7 Oktober 2023. 

Yordania Dituduh Berada di Balik Upaya Sabotase Perundingan Palestina yang Diselenggarakan Tiongkok

TRIBUNNEWS.COM- Yordania Dituduh Berada di Balik Upaya Sabotase Perundingan Palestina yang Diselenggarakan Tiongkok, Sebuah Laporan mengungkapkan.

Petugas keamanan Yordania juga membantu intelijen Israel meredam perlawanan di Tepi Barat, ungkap surat kabar Al-Akhbar.

Sebuah laporan baru oleh harian Lebanon Al-Akhbar mengungkapkan tingkat kolaborasi yang mendalam antara Yordania dan Israel sejak 7 Oktober.

Kolaborasi ini mencakup upaya menyabotase perundingan intra-Palestina yang diselenggarakan oleh Tiongkok, interogasi bersama terhadap tahanan Palestina di Tepi Barat yang diduduki, dan konfirmasi lebih lanjut mengenai jembatan darat yang membentang dari perbatasan Yordania-Saudi ke wilayah Palestina yang diduduki.

“Presiden Palestina Mahmoud Abbas menanggapi permintaan resmi Yordania agar dia dan gerakan Fatah tidak berpartisipasi dalam dialog Palestina [yang seharusnya diadakan] di Tiongkok pada akhir Juni,” kata seorang sumber yang dekat dengan kepresidenan Palestina kepada Al- Akhbar pada 9 Juli.

Menurut sumber tersebut, permintaan Yordania itu dibuat bulan lalu. Amman memperingatkan Otoritas Palestina (PA) bahwa ikut serta dalam pertemuan di Tiongkok akan melegitimasi Hamas, memperkuat peran Tiongkok dalam konflik sekaligus menghambat peran Otoritas Palestina, dan menampilkan Ramallah sebagai “bekerja sama” dengan gerakan perlawanan.

BERITA TERKAIT

Tiongkok, Hamas, dan Partai Fatah dari Otoritas Palestina mengonfirmasi pada tanggal 26 April bahwa perundingan intra-Palestina akan diadakan di ibu kota Tiongkok.

Tidak lama kemudian, perwakilan dari masing-masing faksi saingan Palestina bertemu di Beijing untuk berdialog.

Pertemuan kedua dijadwalkan bulan lalu.

Pada tanggal 24 Juni, Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pertemuan pertama dimaksudkan untuk mempersiapkan putaran perundingan yang akan datang di Beijing tetapi Abbas memberi tahu Tiongkok tentang “penolakannya untuk berpartisipasi dalam pertemuan yang diperluas, tanpa memberikan pembenaran logis dan tanpa alasan nasional. dialog.”

Sumber informasi mengatakan kepada Al Mayadeen pada tanggal 5 Juli bahwa duta besar Tiongkok di Qatar memberi tahu Hamas bahwa presiden Otoritas Palestina telah menerima untuk melanjutkan perundingan dengan Beijing.

Laporan Al-Akhbar juga mengungkapkan bahwa sejak Operasi Banjir Al-Aqsa dan dimulainya perang Gaza pada tanggal 7 Oktober, pasukan keamanan Yordania telah dikerahkan di Tepi Barat yang diduduki dan membantu rekan-rekan mereka di Israel dan Otoritas Palestina dalam menekan perlawanan Palestina dan menginterogasi tahanan. .

Laporan tersebut mengutip kesaksian para tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara Israel. Menurut kesaksian, para tahanan diinterogasi langsung oleh petugas Yordania.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas