Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Tepis Laporan yang Sebut Terobosan Negosiasi Gencatan Senjata Bakal Segera Tercapai

Hamas menepis laporan media yang mengklaim terobosan yang dibahas selama negosiasi gencatan senjata di Gaza bakal segera tercapai.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Hamas Tepis Laporan yang Sebut Terobosan Negosiasi Gencatan Senjata Bakal Segera Tercapai
AFP/ANGELA WEISS
Anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dalam pertemuan tentang situasi Timur Tengah di markas besar PBB pada 10 Juni 2024 di New York. - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Senin mengadopsi resolusi yang dirancang AS untuk mendukung rencana gencatan senjata di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Hamas menepis laporan media yang mengeklaim terobosan yang dibahas selama negosiasi gencatan senjata di Gaza bakal segera tercapai.

Sumber mengatakan kepada Middle East Eye, dengan syarat anonim kalau masih ada beberapa kendala untuk sampai di tahap tersebut.

Menurut penuturannya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu malah menghalangi proses tersebut saat para mediator terus berupaya agar kesepakatan bisa tercapai.




Laporan ini muncul pada hari Kamis (11/7/2024) kemarin.

Laporan Washington Post yang mengutip pejabat AS anonim, menyatakan jika kerangka untuk gencatan senjata telah disepakati.

"Para pihak sedang menegosiasikan rincian tentang bagaimana itu akan dilaksanakan," papar pejabat AS itu.

Sumber dari Hamas dengan tegas mengatakan kepada Middle East Eye, bahwa (banyak yang) bertentangan dengan apa yang ditulis kolumnis Washington Post, David Ignatius.

BERITA TERKAIT

Dikatakan, kerangka kerja untuk gencatan senjata telah disetujui oleh para pihak dan mereka sekarang menegosiasikan rincian mengenai bagaimana kesepakatan itu akan dilaksanakan.

"Tidak ada yang baru untuk dilaporkan dan tidak ada terobosan yang tercapai dalam negosiasi, meskipun Direktur CIA, William Burns bertemu pejabat senior Israel, Mesir, dan Qatar di Doha pada Rabu (10/7/2024)," terang sumber-sumber tersebut.

"Bagian dari apa yang disebutkan dalam artikel David Ignatius telah dibahas dan kami tidak mencapai kesepakatan,"

"Beberapa tidak dibahas sama sekali, dan yang lainnya disebutkan dalam artikel itu bahkan tidak masuk dalam negosiasi atau diskusi dengan Israel," sumber itu menjelaskan.

Baca juga: Gadis-Gadis Palestina Dilatih Bertinju di Area Pengungsian Gaza, Pelatih: Atasi Ketakutan

Laporan Washington Post

Menurut laporan Washington Post, Hamas dilaporkan mengalah pada tuntutannya untuk jaminan tertulis tentang diakhirinya pertempuran secara permanen. ⁠

Sebaliknya, Hamas dilaporkan menerima resolusi Dewan Keamanan PBB yang disahkan bulan lalu yang mengatakan: “Jika negosiasi memakan waktu lebih dari enam minggu untuk tahap pertama, gencatan senjata akan tetap berlanjut selama negosiasi terus berlanjut.”⁠

Pada bulan Mei, seorang sumber senior Palestina yang memiliki pengetahuan tentang kebijakan Hamas, mengatakan kepada MEE bahwa Hamas siap untuk menunjukkan “fleksibilitas” tentang tata kelola Gaza di masa depan, selama keputusan untuk memerintah daerah kantong yang dilanda perang itu disetujui oleh faksi-faksi Palestina lainnya dan tidak dipaksakan oleh AS atau Israel.⁠

Israel Gagal Memajukan Perundingan

Wakil Sekretaris Jenderal Jihad Islam Palestina (PIJ), Mohammad Al-Hindi, sebelumnya dilaporkan menyebut negosiasi final mengenai gencatan senjata perang Israel-Hamas yang dimediasi Perlawanan Palestina dan Pendudukan Israel tidak membuahkan hasil apa pun.

Menjelaskan kepada Al Mayadeen, Al-Hindi mengeklaim, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan pemerintahkan tidak memprioritaskan penyelamatan tawanan di Jalur Gaza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas