Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Donald Trump Ditembak Oleh Anggota Partai Republik

USA Today menghubungi beberapa anggota keluarga Crooks tetapi tidak ada yang segera menanggapi permintaan komentar.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Donald Trump Ditembak Oleh Anggota Partai Republik
Ist
Dalam sebuah pernyataan pada Minggu pagi, FBI mengidentifikasi penembak Trump adalah Thomas Matthew Crooks, 20 tahun, dari Bethel Park, Pennsylvania, yang terletak di luar Pittsburgh. 

TRIBUNNEWS.COM -- Penembak Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya teridentifikasi.

Trump ditembak oleh Thomas Matthew Crooks, 20, dari Bethel Park, Pennsylvania saat pidato kampanye Pemilu AS 2024 di Butler, Pensylvania pada Sabtu (13/7/2024).

USA Today mengabarkan bahwa Crooks terdaftar sebagai anggota Partai Republik dan berstatus pemilih aktif, menurut layanan database LexisNexis. Dia bersekolah di Bethel Park High School, lulus pada tahun 2022.

Baca juga: Reaksi Dunia atas Penembakan Donald Trump: Israel Terkejut, PM Kanada Mengaku Muak




Namun belum duketahui motif mengapa pemuda tersebut bersaha menembak Presiden AS periode 2016-2020 tersebut. Crooks akhirnya tewas ditembak oleh petugas penegak hukum beberapa saat setelah dia gagal membidik kepala Donald Trump.

“FBI telah mengidentifikasi Thomas Matthew Crooks, 20, dari Bethel Park, Pennsylvania, sebagai subjek yang terlibat dalam upaya pembunuhan mantan Presiden Donald Trump pada 13 Juli, di Butler, Pennsylvania,” kata Biro tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Penyelidikan ini masih aktif dan berkelanjutan, dan siapa pun yang memiliki informasi yang dapat membantu penyelidikan didorong untuk mengirimkan foto atau video secara online di FBI.gov/butler atau menghubungi 1-800-CALL-FBI.”

Dalam situasi yang kacau, “penegak hukum saya yakin bertindak heroik, dengan cepat mengidentifikasi dan menetralisir ancaman serta merespons untuk membantu berbagai korban,” kata Letkol George Bivens dari Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania dalam konferensi pers menjelang tengah malam pada hari Sabtu.

BERITA TERKAIT

Penjahat tidak membawa identifikasi dan harus diidentifikasi menggunakan teknik lain, kata Kevin Rojek, agen khusus FBI yang bertanggung jawab, pada konferensi pers larut malam di Butler, Pa.

“Kami sedang melihat foto-fotonya sekarang dan kami mencoba memeriksa DNA-nya dan mendapatkan konfirmasi biometrik,” kata Rojek.

Petugas pemadam kebakaran dan penegak hukum memblokir jalan di dekat rumah Thomas Matthew Crooks, 20, di Bethel Park, Pennsylvania, pada dini hari tanggal 14 Juli 2024.

Baca juga: Bersyukur Donald Trump Selamat Usai Insiden Penembakan, Joe Biden: Saya Berdoa Untuknya

Crooks diduga berusaha membunuh mantan Presiden Donald Trump pada pidato politik pada 13 Juli di Butler, Pennsylvania. Satu orang tewas, dan dua lainnya luka parah dalam serangan itu.

Sekitar pukul 01.30 hari Minggu, puluhan kendaraan penegak hukum ditempatkan di luar kediaman Crooks yang tercantum dalam catatan pendaftaran pemilihnya.

Rumah itu terletak di sepanjang jalan pinggiran kota yang berkelok-kelok di Bethel Park, sekitar 42 mil selatan Butler.

Agen dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak berada di lokasi kejadian dan pasukan penjinak bom berada di kediamannya dan berencana memasuki rumah tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas