Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Pertama Kalinya Mengkonfirmasi Banyak Tank Hancur dan Rusak Diakibatkan oleh Perlawanan Gaza

Israel untuk pertama kalinya mengkonfirmasi kerugian besar tank yang diakibatkan oleh perlawanan Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Pertama Kalinya Mengkonfirmasi Banyak Tank Hancur dan Rusak Diakibatkan oleh Perlawanan Gaza
HandOut/Istimewa
Cuplikan video saat seorang pejuang Hamas meletakkan sebuah peledak di tank Merkava Israel sebelum lari bersembunyi. Bahan peledak ini kemudian ditembak lagi dengan menggunakan pelontar granat. Tidak terlihat adanya pasukan infanteri Israel untuk melindungi tank. 

Israel Pertama Kalinya Mengkonfirmasi Banyak Tank Hancur dan Rusak Diakibatkan oleh Perlawanan Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Israel untuk pertama kalinya mengkonfirmasi kerugian besar tank yang diakibatkan oleh perlawanan Gaza.

Militer Israel mengakui bahwa mereka menderita kekurangan tank, amunisi, dan perwira berpengalaman sebagai tanggapan terhadap petisi dari Pengadilan Tinggi.

Militer Israel menderita kekurangan tank, amunisi, dan perwira berpengalaman karena kekalahan dalam perang di Gaza melawan Hamas, Ynet melaporkan pada 16 Juli.

Pengakuan tersebut muncul ketika tentara menanggapi petisi yang diajukan ke Pengadilan Tinggi Israel yang meminta agar tentara wanita diintegrasikan ke dalam unit tank di Korps Lapis Baja yang beroperasi di belakang garis musuh.

Militer menolak permintaan tersebut “karena kurangnya banyak tank yang rusak dalam perang dan kurangnya amunisi.”

Ia menambahkan bahwa tank, amunisi, dan perwira berpengalaman yang ada saat ini ditugaskan untuk pertempuran di Gaza, dan hal ini lebih diutamakan daripada menggunakannya untuk melatih tentara wanita untuk diintegrasikan ke dalam peran tempur sebagai bagian dari percobaan.

BERITA TERKAIT

Ynet mencatat, “Ini adalah pertama kalinya IDF mengakui bahwa mereka kehilangan tank dalam perang di Gaza, menderita kekurangan peluru serta banyak pejuang dan komandan yang terluka atau tewas dalam pertempuran tersebut.”

Tentara menyatakan bahwa “kesulitan obyektif telah muncul sebagai akibat dari pertempuran di Jalur Gaza dan front lainnya” dan bahwa “banyak tank yang rusak, yang dinonaktifkan pada tahap ini dan tidak digunakan untuk pertempuran atau pelatihan, dan hal ini tidak diharapkan bahwa tank baru akan ditambahkan ke Korps Lapis Baja dalam waktu dekat.”

Petisi untuk mengizinkan tentara perempuan berpartisipasi dalam pertempuran dengan Korps Lapis Baja diajukan ke Pengadilan Tinggi oleh tim pengacara yang mewakili Forum Dvorah, sebuah organisasi nirlaba yang berupaya memperjuangkan “partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri.”

Menanggapi penolakan tentara terhadap petisi tersebut, pengacara dari Forum Dvorah menyatakan,

“Sangat disayangkan bahwa pernyataan yang dibuat oleh Menteri Pertahanan dan Kepala Staf bahwa tentara wanita telah membuktikan diri dalam pertempuran dan akan ada perubahan dramatis dalam sikap IDF terhadap isu pembukaan semua posisi bagi tentara perempuan – tetap kosong dan tidak diterjemahkan ke dalam tindakan. Ini bukanlah cara membangun kepercayaan. Ini bukan berarti potensi sumber daya manusia IDF akan habis.”

Motivasi petisi tersebut muncul sebagai tanggapan terhadap laporan media Israel yang mengklaim bahwa tentara wanita yang ditempatkan di dekat perbatasan Gaza secara heroik berjuang untuk mempertahankan pemukiman Israel selama serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Dengan menggunakan tank dan senjata yang tidak mereka latih untuk beroperasi, sekelompok tentara wanita memasuki Kibbutz Holit di perbatasan Gaza selama serangan tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas