Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keberadaan Mohammad Deif Misterius, Israel Bunuh Puluhan Warga Sipil, Mayoritas Perempuan dan Anak

Serangan yang menurut Israel telah menargetkan Rafaa Salameh dan Mohammad Deif menewaskan sedikitnya 90 warga sipil dan melukai ratusan lainnya.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Keberadaan Mohammad Deif Misterius, Israel Bunuh Puluhan Warga Sipil, Mayoritas Perempuan dan Anak
AFP/BASHAR TALEB
Warga Palestina mencari orang-orang terkasih di puing-puing tenda dan berpindah rumah, menyusul serangan militer Israel di kamp pengungsi internal (IDP) al-Mawasi, dekat kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan pada 13 Juli 2024. di mana 71 orang tewas. Al-Mawasi telah dinyatakan sebagai zona aman oleh Israel ketika mereka melancarkan serangan militernya di bagian lain Jalur Gaza sebagai tanggapan terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober. (Photo by Bashar TALEB / AFP) 

Israel Mengungkapkan Rincian Tentang ‘Pembunuhan yang tidak pasti’ Terhadap Pemimpin Tertinggi Al Qassam

TRIBUNNEWS.COM- Israel mengungkapkan rincian tentang ‘pembunuhan yang tidak pasti’ terhadap pemimpin tertinggi Brigade Al Qassam, Rafaa Salameh dan Mohammad Deif.

Serangan yang menurut Israel telah menargetkan Rafaa Salameh dan Mohammad Deif menewaskan sedikitnya 90 warga sipil dan melukai ratusan lainnya.

Tentara Israel menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk memantau sebuah vila di Jalur Gaza selatan yang diyakini sebagai tempat persembunyian pemimpin tertinggi Hamas sebelum melakukan serangan yang menewaskan sedikitnya 90 warga sipil di kawasan pesisir Al-Mawasi di Khan Yunis.

Menurut pejabat Israel yang dikutip oleh New York Times (NYT) pada 14 Juli, Israel sedang mengawasi Rafaa Salameh, komandan brigade Khan Yunis dari sayap bersenjata Hamas, Brigade Qassam.

Tentara Israel berharap Mohammad Deif, pemimpin militer Brigade Qassam yang sulit ditangkap dan misterius, yang selamat dari berbagai upaya pembunuhan, akan muncul di vila tersebut.

Tel Aviv mengatakan pihaknya telah memverifikasi bahwa Salameh tewas dalam serangan itu tetapi tidak yakin apakah Deif juga terbunuh bersamanya.

BERITA TERKAIT

“Pada hari Sabtu, setelah mengetahui bahwa Tuan Deif tampaknya berada di vila… pemerintah Israel mengirimkan jet tempur yang menghancurkan kompleks tersebut dan membunuh puluhan warga Palestina di daerah sekitarnya,” NYT mengutip pernyataan para pejabat Israel.

“Serangan tersebut diizinkan setelah pengamatan yang lama terhadap vila tersebut, salah satu pos komando rahasia Tuan Salameh,” tambah mereka. Vila itu milik keluarga Salameh, menurut para pejabat.

Mereka kemudian mengatakan kepada NYT bahwa petugas dari unit militer yang bertugas mengidentifikasi target bernilai tinggi mengetahui Salameh ada di vila tersebut beberapa minggu yang lalu, namun Tel Aviv memutuskan untuk menunggu untuk melihat apakah Deif akan bergabung dengannya suatu saat nanti.

Agen intelijen Israel menerima informasi pada hari Jumat yang menunjukkan bahwa Deif telah pergi ke vila tersebut, dan segera setelah itu, serangan tersebut disetujui oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Tentara mengerahkan jet-jet tersebut ketika mendapat konfirmasi lebih lanjut mengenai kehadiran Deif, menurut laporan tersebut, yang menambahkan bahwa mereka melancarkan serangan tambahan di dekat petugas tanggap darurat.

Lokasi serangan Israel telah ditetapkan sebagai zona aman oleh Tel Aviv – tempat warga sipil yang mengungsi diperintahkan untuk pindah.

Sedikitnya 90 warga sipil tewas dan hampir 300 lainnya luka-luka akibat serangan udara tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas