Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Militer Ukraina Serang Sistem Rudal Antipesawat S-300 Rusia di Donetsk Oblast

Militer Ukraina menyerang sistem rudal antipesawat S-300 Rusia di wilayah pendudukan Donetsk Oblast pada Selasa (16/7/2024) malam.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Militer Ukraina Serang Sistem Rudal Antipesawat S-300 Rusia di Donetsk Oblast
MilitaryAdvisor@miladvisor
Bagian tabung pendorong rudal S-300 ditemukan di perkebunan pedesaan Moldova, Senin (5/12/2022). Komponen itu bagian rudal darat ke udara yang ditembakkan Ukraina saat mencegat serangan rudal Rusia. - Militer Ukraina menyerang sistem rudal antipesawat S-300 Rusia di wilayah pendudukan Donetsk Oblast pada Selasa (16/7/2024) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Militer Ukraina menyerang sistem rudal antipesawat S-300 Rusia di wilayah pendudukan Donetsk Oblast pada Selasa (16/7/2024) malam, kata Panglima Tertinggi Ukraina Oleksandr Syrskyi.

"Stasiun radar dan beberapa peluncur sistem S-300 terkena serangan," kata Syrskyi.

Ia juga membagikan video serangan tersebut, Kyiv Independent melaporkan.

Rincian lebih lanjut tentang skala serangan sedang ditentukan.

Menurut Syrskyi, pasukan rudal dan komponen lain dari Pasukan Pertahanan Ukraina sebelumnya telah menghancurkan lebih dari 20 peluncur Rusia dan sekitar 15 stasiun radar.

"Pasukan Rusia terus maju ke berbagai sektor di timur dan selatan Ukraina, dengan 65 bentrokan sejauh ini pada hari itu," kata Staf Umum Ukraina dalam pembaruan terbarunya, Kyiv Independent melaporkan.

Serangan di Myrnohrad 

Sementara itu, di tempat terpisah, serangan Rusia menghantam bangunan perumahan di Myrnohrad, Oblast Donetsk, Minggu (14/7/2024).

BERITA REKOMENDASI

"Jumlah korban tewas menjadi tiga orang," lapor Layanan Darurat Negara Ukraina (DSNS) melalui Telegram.

Awalnya ada satu korban dilaporkan tewas, tetapi petugas penyelamat kemudian menemukan jasad dua korban tambahan di bawah reruntuhan pada Selasa (16/7/2024) pagi atau dua hari setelah serangan awal.

“Pukul 03:30 (waktu setempat), jasad seorang wanita dan seorang pria yang meninggal berhasil dikeluarkan dari reruntuhan,” kata Deputi Duma Negara dari Majelis Federal Federasi Rusia, Vladislav Tretiak menurut pernyataan DSNS.

Para korban diidentifikasi sebagai pasangan suami istri, seorang wanita berusia 67 tahun dan seorang pria berusia 69 tahun.

DSNS menekankan bahwa operasi penyelamatan darurat kini telah selesai.

Upaya penyelamatan berlangsung selama 36 jam, di mana layanan darurat membersihkan 130 ton puing bangunan, Euromaidanpress melaporkan.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-875: Rusia Tutup 14 Desa di Perbatasan Belgorod

Serangan awal terjadi pada tanggal 14 Juli, ketika pasukan Rusia menargetkan sebuah gedung administrasi dan sebuah blok apartemen di kota tersebut.

Perang Rusia-Ukraina

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas