Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala Rabi Yahudi Haredi, Yitzhak Yosef Serukan Yahudi Ultra Ortodoks Agar Tolak Wajib Militer

Kepala Rabbi Ultra-Ortodoks Israel, Yitzhak Yosef menyerukan para pelajar Haredi atau Yahudi Ultra Ortodoks agar menolak wajib militer

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Kepala Rabi Yahudi Haredi, Yitzhak Yosef Serukan Yahudi Ultra Ortodoks Agar Tolak Wajib Militer
Itai Ron / Gambar Timur Tengah / Gambar Timur Tengah melalui AFP
Petugas polisi Israel bentrok dengan pria Yahudi Ultra-Ortodoks selama protes Ultra-Ortodoks menentang wajib militer pada 16 Juli 2024 di Bnei Brak, Israel. Bulan lalu, mahkamah agung negara tersebut mengeluarkan keputusan yang mengakhiri kebijakan pemerintah yang mengecualikan pria ultra-Ortodoks, atau Haredi, dari wajib militer. Wajib militer telah menjadi bagian besar dari kehidupan warga Israel, namun terdapat pengecualian bagi pria Haredi, yang justru melanjutkan studi Taurat secara penuh waktu. 

Kepala Rabi Yahudi, Yitzhak Yosef Serukan Umat Yahudi Ultra Ortodoks Agar Tolak Wajib Militer

TRIBUNNEWS.COM- Kepala Rabi Ultra-Ortodoks Israel, Yitzhak Yosef menyerukan para pelajar Haredi atau umat Yahudi Ultra Ortodoks agar menolak wajib militer

Kepala Rabbi Sephardi Israel, Yitzhak Yosef, pada hari Rabu mendesak siswa Yahudi ultra-Ortodoks, yang dikenal sebagai siswa Haredi Yeshiva, untuk menolak pemberitahuan tentara Israel yang meminta mereka untuk mendaftar dinas militer, kantor berita Anadolu melaporkan.

Panggilannya muncul setelah tentara Israel mengumumkan akan memberi tahu siswa Haredi Yeshiva untuk mendaftar Minggu depan.

Lembaga penyiaran publik Israel, KAN , mengatakan pihaknya memperoleh rekaman dari Rabbi Yitzhak Yosef yang menekankan bahwa siapa pun yang mempelajari Taurat, kitab suci Yahudi, dibebaskan dari tugas militer.

Ia menambahkan, mereka yang mendaftar menjadi manja karena ada pula tentara wanita yang ikut bertugas.

“Siapa pun yang menerima surat pemberitahuan wajib militer, harus merobeknya dan tidak boleh pergi,” tegasnya.

BERITA TERKAIT

Ia meminta setiap orang Haredi yang menerima panggilan wajib militer untuk “merobeknya dan tidak pergi (mendaftar ke militer).”

Tentara Israel telah menghadapi kekurangan personel militer selama berbulan-bulan di tengah perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, serta serangan ke Tepi Barat dan bentrokan lintas perbatasan dengan kelompok Lebanon, Hizbullah.

Bulan lalu, Mahkamah Agung Israel memerintahkan kaum Yahudi Haredi untuk mendaftar di militer dan melarang pemerintah memberikan bantuan keuangan kepada lembaga keagamaan yang muridnya menolak dinas militer.

Yahudi Haredi mencakup sekitar 13 persen dari sekitar 9,9 juta penduduk Israel dan tidak bertugas di militer, melainkan mendedikasikan hidup mereka untuk mempelajari Taurat.

Hukum Israel mewajibkan dinas militer bagi semua warga Israel berusia di atas 18 tahun, kecuali Yahudi Haredi, yang telah menjadi isu perdebatan selama beberapa dekade.


Perintah 'Robek' Surat Pemberitahuan

Kepala Rabi meminta kaum ultra-Ortodoks untuk ‘merobek’ rancangan pemberitahuan tentara Israel

Tentara mengumumkan pada hari Selasa bahwa rancangan perintah awal akan dikirim dalam beberapa hari mendatang, memicu bentrokan antara Yahudi Haredi dan polisi Israel

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas