Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wali Kota di Italia Ini Tak Sudi Kotanya Jadi Tuan Rumah Pertandingan Timnas Israel Melawan Azzurri

Warga Kota di Italia Ini Juga Tak Sudi Jadi Tuan Rumah untuk Pertandingan Timnas Italia Lawan Israel

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Wali Kota di Italia Ini Tak Sudi Kotanya Jadi Tuan Rumah Pertandingan Timnas Israel Melawan Azzurri
James Gill – Danehouse/Getty Images
Para pengunjuk rasa mengangkat tanda yang meminta FIFA mencoret Israel dari keanggotaan FIFA, aksi ini terjadi di Stadion di Stadion Etihad pada 17 Februari 2024. 

Wali Kota di Italia Ini Tak Sudi Kotanya Jadi Tuan Rumah Pertandingan Timnas Israel Melawan Azzurri

TRIBUNNEWS.COM- Wali Kota di Italia Ini tak sudi kotanya jadi tuan Rumah untuk Pertandingan Timnas Israel saat melawan  timnas Italia.

Bukan hanya terjadi di Indonesia, penolakan juga terjadi di kota di Eropa. Provinsi Udine, di timur laut Italia, menolak menjadi tuan rumah pertandingan tim sepak bola nasionalnya melawan Israel.




Pers lokal melaporkan kemarin bahwa Gabriele Gravina, presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), telah menawarkan walikota Udine untuk menjadi tuan rumah pertandingan di Stadion Bluenergy pada 14 Oktober sebagai bagian dari pertandingan Nations League.

Ditambahkannya, pemerintah kota menolak tawaran tersebut karena khawatir hal ini “akan memecah belah karena Israel adalah negara yang sedang berperang.”

"Menjadi tuan rumah pertandingan seperti itu di saat Israel masih berperang justru berisiko menimbulkan perpecahan dan masalah sosial, alih-alih memperbaiki citra Udine," kata Wali Kota Alberto Felice De Toni, yang terpilih sebagai kandidat kiri-tengah untuk wali kota Udine tahun lalu.

Sejak 7 Oktober, Israel, dengan dukungan Amerika, telah melancarkan perang brutal di Gaza yang telah menewaskan dan melukai sekitar 128.000 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak dan wanita.

BERITA TERKAIT

Perang ini juga telah menyebabkan lebih dari 10.000 orang hilang di tengah kehancuran besar-besaran dan kelaparan yang mematikan.


Pengacara HAM: Israel harus diskors karena melanggar statuta FIFA

Israel harus dilarang dari segala aktivitas terkait sepak bola karena melanggar undang-undang FIFA di tengah perang melawan Palestina di Jalur Gaza, menurut analisis hukum independen yang mengkhususkan diri dalam hukum internasional dan hak asasi manusia.

Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) telah mengajukan proposal untuk menangguhkan Israel pada bulan Mei, dengan FIFA memerintahkan evaluasi hukum yang mendesak, sambil berjanji untuk membahasnya pada pertemuan luar biasa dewannya pada bulan Juli, Reuters telah melaporkan.

Presiden PFA Jibril Al-Rajoub mengatakan bahwa FIFA tidak dapat tetap bersikap acuh tak acuh terhadap "pelanggaran atau genosida yang sedang berlangsung di Palestina." Konfederasi Sepak Bola Asia juga telah memberikan dukungannya untuk tindakan terhadap Israel.

Pengacara Max du Plessis, yang merupakan bagian dari kasus yang dibawa oleh Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ) yang menuduh Israel melakukan genosida, ikut menulis analisis terbaru bersama Sarah Pudifin-Jones setelah mereka didekati oleh Eko, sebuah LSM keadilan sosial.

“Tidak diragukan lagi bahwa tindakan Israel di Palestina telah merusak, dan terus merusak, tujuan FIFA,” kata para pengacara.

“Israel telah melanggar hak asasi manusia Palestina yang diakui secara internasional, bertentangan dengan Pasal 3. Israel telah melakukan diskriminasi dan terus melakukan diskriminasi terhadap warga Palestina atas dasar ras, asal usul kebangsaan, dan kelahiran, yang secara langsung melanggar Pasal 4(1).”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas