Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yoav Gallant Peringatkan Nasib Tawanan Israel saat Netanyahu Setop Perundingan Gencatan Senjata

Panglima perang Israel Yoav Gallant  memperingatkan nasib para tawanan saat pemerintah menghentikan perundingan gencatan senjata di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Yoav Gallant Peringatkan Nasib Tawanan Israel saat Netanyahu Setop Perundingan Gencatan Senjata
Dok. Kementerian Keamanan Israel
Menteri Keamanan Israel, Yoav Gallant, saat berkunjung ke Gunung Hermon, Minggu (7/7/2024). 

Panglima Perang Israel Peringatkan Nasib Tawanan saat Pemerintah Setop Perundingan Gencatan Senjata

TRIBUNNEWS.COM- Panglima perang Israel Yoav Gallant  memperingatkan nasib para tawanan saat pemerintah menghentikan perundingan gencatan senjata di Gaza.

Media Ibrani melaporkan bahwa Netanyahu takut kehilangan koalisinya dan, oleh karena itu, mempersulit upaya untuk mencapai kesepakatan.




Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant seperti dikutip dalam pembicaraan tertutup baru-baru ini bahwa jika tidak ada kesepakatan gencatan senjata dan pertukaran yang dicapai dengan Hamas dalam beberapa minggu mendatang, nasib tawanan Israel yang ditahan oleh perlawanan di Gaza akan terselesaikan, seperti dilansir Ynet pada 17 Juli.

“Jika kesepakatan tidak ditandatangani dalam dua minggu ke depan, nasib para korban penculikan akan diputuskan,” kata Gallant, menurut situs berita Ibrani.

“Persyaratan untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas telah matang, tetapi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang menghadapi kesulitan agar tidak kehilangan anggota koalisi Itamar Ben Gvir dan Bezalel Smotrich,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Mossad David Barnea, Kepala Shin Bet Ronen Bar, dan Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi semuanya percaya bahwa Israel akan mengalami kesulitan mencapai kesepakatan dengan Hamas karena persyaratan baru yang diberlakukan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam pidatonya yang lalu. minggu ini, di mana ia menyebutkan empat hal yang tidak dapat dinegosiasikan untuk perundingan gencatan senjata.

BERITA TERKAIT

Persyaratan tersebut termasuk rencana pemeriksaan warga Gaza yang akan kembali ke jalur utara sebagai bagian dari kesepakatan.

Netanyahu mengatakan dia akan menolak kembalinya para pejuang Hamas ke utara, mengacu pada warga sipil laki-laki yang menjadi pengungsi akibat perang genosida.

Laporan Ynet mengatakan bahwa semua senjata dan pejuang Hamas berada di bawah tanah, “jadi pemeriksaan tersebut tidak ada artinya,” dan menambahkan bahwa tim perunding percaya bahwa “jika syarat untuk memeriksa penduduk yang kembali ke utara tidak dihilangkan – kesepakatan tersebut batal. .”

Laporan tersebut menambahkan bahwa desakan Netanyahu untuk mempertahankan pasukan di Koridor Philadelphi dan penyeberangan Rafah juga akan merusak negosiasi. Israel merebut penyeberangan Rafah pada tanggal 7 Mei dan mengambil alih koridor penting Philadelphi pada akhir bulan itu. Netanyahu menegaskan bahwa pasukan harus tetap berada di sana untuk mencegah penyelundupan senjata melalui perbatasan Mesir.

Perdana Menteri membantah laporan pekan lalu bahwa ada pembicaraan tentang kemungkinan penarikan Israel dari koridor tersebut, yang dikenal sebagai jalur penyelamat bagi kelompok perlawanan dan rakyat Gaza.

“Dari sudut pandang [tim perundingan], kesepakatan bisa saja ditandatangani seminggu yang lalu, karena di balik layar ada terobosan yang tercatat dengan bantuan mediasi Perdana Menteri Qatar dan persetujuan Dewan Keamanan PBB,” Ynet melanjutkan dengan mengatakan. “Jadi, apa yang menghalangi penandatanganan itu? Ben Gvir memahami bahwa situasi sedang berkembang dan memberi tahu Netanyahu: jika ada kesepakatan – kami akan keluar. Seperti disebutkan, Smotrich bergegas untuk bergabung, dan Netanyahu takut kehilangan pemerintahannya.”

Situs berita Ibrani mengatakan Netanyahu yakin “para tawanan bisa menunggu.”

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas