Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kota-Kota Israel Dirundung Ledakan, Tel Aviv Dihantam Drone, Hermesh Digoyang Bom Mobil

Selain Tel AViv yang dihajar drone kelompok Houthi Yaman, Kota lain di Israel, Hermesh dekat Tulkarm, Tepi Barat diguncang bom mobil

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kota-Kota Israel Dirundung Ledakan, Tel Aviv Dihantam Drone, Hermesh Digoyang Bom Mobil
rntv/tangkap layar
Petugas medis dari Magen David Adom (Palang Merah Israel) mengevakuasi korban ledakan bom yang diposisikan di dalam mobil di pemukiman Hermesh, sebelah utara Tulkarm, Tepi Barat yang diduduki Israel. Sementara itu, kota utama Israel, Tel Aviv juga diguncang bol dari drone yang diluncurkan kelompok Houthi Yaman. 

Kota-Kota Israel Dikurung Ledakan, Setelah Tel Aviv Dihantam Drone, Giliran Hermesh Digoyang Bom Mobil

TRIBUNNEWS.COM - Keamanan Israel tengah menjadi sorotan publik dan elite politik negara pendudukan tersebut setelah sejumlah ledakan terjadi di kota-kota Israel.

Pada Jumat (19/7/2024), tiga pemukim Israel dilaporkan terluka akibat ledakan bom yang di dalam kendaraan dekat pemukiman Hermesh, yang terletak di utara Tulkarm, Tepi Barat seorang koresponden RNTV melaporkan.

Baca juga: Drone Houthi Buatan Iran Bobol Tel Aviv, Tentara IDF Ungkap Human Error Penyebab Drone Tak Dicegat 

Alat peledak itu diledakkan dari jarak jauh setelah sebuah mobil yang membawa warga Israel mendekati pemukiman Hermesh, menurut Radio Tentara Israel.

Ledakan ini diduga dilakukan oleh milisi perlawanan Palestina di Tepi Barat yang kian menggencarkan serangan ke pemukim seiring aksi penyerbuan berulang tentara Pendudukan Israel ke wilayah dan kota-kota Palestina.

Baca juga: Dari Nablus, Tulkarm hingga Tubas, Pertempuran Milisi Palestina Vs IDF Meletus di Seluruh Tepi Barat

Serangan drone Houthi meledak di kota Tel Aviv, ibukota Israel. Anggota pasukan keamanan Israel mengecek titik ledakan drone yang meledak di Kota Tel Aviv dan memicu kepanikan warga kota, Jumat 19 Juli 2024.
Serangan drone Houthi meledak di kota Tel Aviv, ibukota Israel. Anggota pasukan keamanan Israel mengecek titik ledakan drone yang meledak di Kota Tel Aviv dan memicu kepanikan warga kota, Jumat 19 Juli 2024. (Sharon Aronowicz/AFP)

Houthi Nyatakan Tel Aviv Zona Serangan

Pejuang perlawanan Houthi Yaman menyatakan Tel Aviv sebagai 'zona tidak aman' setelah serangan pesawat nirawak atau Drone mereka yang berhasil sampai di tujuan.

Militer Israel menyalahkan 'Human Error' atas kegagalan mereka membunyikan sirene serangan udara atau mencegat pesawat tanpa awak yang mereka konfirmasi datang dari selatan.

BERITA TERKAIT

Angkatan bersenjata Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak mematikan yang menghantam kota Tel Aviv, Israel, pada dini hari tanggal 19 Juli, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 10 lainnya.

"Operasi itu dilakukan dengan pesawat nirawak baru bernama 'Yafa,' yang dapat menerobos sistem intersepsi musuh dan tidak dapat dideteksi oleh radar. Operasi itu berhasil mencapai tujuannya," kata juru bicara angkatan bersenjata Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree.

Ia juga menyatakan Tel Aviv sebagai "zona tidak aman dan target utama dalam jangkauan senjata kami."

Ia mengungkapkan bahwa Sanaa memiliki "sejumlah target di Palestina yang diduduki, termasuk target militer dan keamanan yang sensitif, dan akan, dengan bantuan Allah, terus menyerang target-target ini sebagai tanggapan atas pembantaian musuh dan kejahatan harian terhadap saudara-saudara kita di Gaza."

Drone Yafa tidak membunyikan alarm apa pun saat memasuki wilayah udara Israel dari selatan sebelum menghantam sebuah gedung di dekat konsulat AS di ibu kota Israel – sebagaimana diyakini oleh mayoritas negara di dunia.

Menurut media Israel, militer menyalahkan kegagalannya dalam mencegat pesawat nirawak itu pada "kesalahan manusia."

Angkatan udara juga sedang menyelidiki mengapa pesawat nirawak itu tidak membunyikan sirene serangan udara setelah memasuki wilayah udara Israel dari selatan, menurut laporan itu.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas