Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Bintang di Sepak Bola Olimpiade Paris 2024, Ini Daftar Pemain Bintang di Tim-tim Olimpiade

Sejumlah pemain bintang sepak bola ternama turut bersaing di olimpiade Paris 2024. Siapa saja mereka?

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Perang Bintang di Sepak Bola Olimpiade Paris 2024, Ini Daftar Pemain Bintang di Tim-tim Olimpiade
AFP/MANAN VATSYAYANA
Penyerang Argentina Julian Alvarez merayakan gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina dan Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha. Sabtu (3 Desember 2022). (MANAN VATSYAYANA / AFP) 

Perang Bintang, Jelang Dimulai Sepak Bola Olimpiade, Ini Daftar Pemain Bintang di Tim-tim Olimpiade

TRIBUNNEWS.COM- Sejumlah pemain bintang sepak bola ternama turut bersaing di olimpiade Paris 2024. Siapa saja mereka?

Berikut daftar beberapa pemain populer yang siap membela negaranya di ajang olimpiade Paris.

Dalam aturan FIFA, terkait skuad dan batasan usia, tim olimpiade terdiri dari 18 pemain.

Setidaknya 15 pemain harus lahir pada atau setelah 1 Januari 2001, dengan maksimal tiga pemain yang berusia di atas ketentuan.
Sehingga masing-masing tim berhak menampilkan 3 pemain bintang meski usianya di atas 23 tahun.

Aturan dibatasi usia pemain 23 tahun disinyalir bagian dari upaya mempertahankan status Piala Dunia FIFA sebagai acara utama sepak bola putra internasional. Cabor sepak bola pertama kali diadakan di ajang Olimpiade 1900.

Sejak Olimpiade Barcelona pada 1992, cabang olahraga sepak bola kemudian dibatasi dengan hanya diperbolehkannya pemain usia 23 tahun.

BERITA TERKAIT

Di tim juara Argentina, pada Olimpiade Paris 2024 ini mereka menurunkan beberapa sepak bola ternama seperti Julian Alvarez, Nicolas Otamendi, dan penjaga gawang Gerónimo Rulli.

Nama bintang turnamen paling populer dari Argentina itu tidak diragukan lagi dia adalah penyerang Manchester City, Alvarez.
Pemain berusia 24 tahun itu tampil sangat produktif musim lalu bagi tim asuhan Pep Guardiola, dan ia membantu tim tersebut memenangkan gelar Liga Primer keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Itu semua terjadi setelah Cityzens mengangkat lima trofi pada tahun 2023 – di musim pertama Alvarez – dengan menyelesaikan treble liga, Piala FA, dan Liga Champions sebelum mengklaim Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Lahir di Calchin di Provinsi Cordoba, Alvarez bergabung dengan City pada tahun 2022 dari River Plate, di mana penampilannya menarik perhatian elite Eropa tetapi juga pelatih tim Olimpiade Argentina 2020, yang memilihnya untuk Olimpiade Tokyo.

Alvarez baru saja terbang ke Prancis untuk Olimpiade setelah membawa Argentina meraih gelar Copa America pada tanggal 14 Juli – ia tentu ingin sekali menambah medali emas Olimpiade ke dalam daftar panjang prestasinya.

Selain Alvares juga Argentina punya Thiago Almada. Pemain berusia 23 tahun itu kembali bermain di klubnya di kasta teratas Brasil bersama Botafogo de Futebol e Regatas setelah kepindahan mengejutkan senilai $21 juta dari klub Major League Soccer (MLS) AS, Atlanta United. Kesepakatan itu berpotensi mencapai $30 juta dalam pembayaran tambahan.

Gelandang serang ini memenangkan penghargaan Pendatang Baru MLS Tahun Ini pada tahun 2022 setelah pindah dari negara asalnya Argentina.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas