Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Donald Trump Sebut Kamala Harris Lebih Mudah Dikalahkan di Pilpres AS

Donald Trump  menanggapi rencana Kamala Harris  jadi rivalnya calon presiden dari Partai Demokrat menggantikan Joe Biden.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Donald Trump Sebut Kamala Harris Lebih Mudah Dikalahkan di Pilpres AS
AFP/ANGELA WEISS
Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik untuk tahun 2024 Donald Trump memberi isyarat pada hari kedua Konvensi Nasional Partai Republik 2024 di Fiserv Forum di Milwaukee, Wisconsin, 16 Juli 2024. - Beberapa hari setelah ia selamat dari upaya pembunuhan, Donald Trump memenangkan nominasi resmi sebagai calon presiden dari Partai Republik dan memilih loyalis sayap kanan J.D. Vance sebagai calon wakil presiden, mengawali konvensi partai yang penuh kemenangan setelah upaya pembunuhan yang gagal akhir pekan lalu. (Photo by ANGELA WEISS / AFP) 

Ringkasan:

  • Joe Biden mengundurkan diri dari pencalonan Presiden AS
  • Dia mendukung Kamala Harris sebagai calon presiden yang diusung Partai Demokrat
  • Trump mengatakan Harris akan lebih mudah dikalahkan daripada Biden

TRIBUNNEWS.COM, AS -  Kandidat Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump,  menanggapi wacana Kamala Harris  jadi rivalnya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat menggantikan Joe Biden.

Trump mengatakan akan lebih mudah baginya mengalahkan Kamala Harris di Pilpres AS 2024 ini.

Trump menyampaikan komentar tersebut kepada CNN tak lama setelah Biden mengumumkan keputusannya dan mendukung Kamala Harris sebagai calon  presiden AS dari Partai Demokrat .

Donald Trump berkata “Dia [Biden] adalah presiden terburuk dalam sejarah negara kita. Dia tercatat sebagai presiden terburuk sejauh ini dalam sejarah negara kita".

Pada platform Truth Social miliknya pada hari Minggu, Trump mengatakan Biden tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai presiden dan jelas tidak layak untuk menjabat.

"Joe Biden yang korup tidak layak mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk mengabdi dan tidak pernah layak! Dia hanya meraih posisi Presiden dengan kebohongan, berita palsu, dan tidak meninggalkan ruang bawah tanahnya.

BERITA TERKAIT

"Semua orang di sekitarnya, termasuk dokternya dan media, tahu bahwa dia tidak mampu menjadi Presiden dan dia memang tidak mampu," tulis Trump di Truth Social.

Baca juga: Partai Demokrat Tegaskan Kamala Harris Tak Gantikan Joe Biden secara Otomatis: Harus Sesuai Prosedur

Trump, 78 tahun, menambahkan, “Kita akan sangat menderita karena masa jabatannya sebagai presiden, tetapi kita akan segera memperbaiki kerusakan yang telah dilakukannya. JADIKAN AMERIKA HEBAT LAGI!”

Biden, 81 tahun, mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali pada hari Minggu, di tengah seruan agar ia keluar dari persaingan menyusul debat yang gagal dengan Trump yang menimbulkan keraguan tentang kelayakannya untuk memangku jabatan hanya empat bulan sebelum pemilihan. Biden berencana untuk menjalani sisa masa jabatannya, yang berakhir pada tanggal 20 Januari 2025.

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Presiden Anda. Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya fokus pada pemenuhan tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," kata Biden dalam sebuah pernyataan .

Tepat setelah pengumuman melalui surat, Biden mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk melawan Trump sebagai kandidat Partai Demokrat dalam pemilihan November, dan mendorong partainya untuk bersatu di belakangnya.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan penuh dan dukungan kepada Kamala untuk menjadi calon dari partai kita tahun ini," katanya dalam posting lain di X.

"Demokrat — saatnya bersatu dan mengalahkan Trump," tulisnya di X.

Tuntutan agar Joe Biden mundur semakin menguat menyusul kinerjanya yang buruk dalam debat melawan mantan Trump pada tanggal 27 Juni.

Tokoh-tokoh penting dalam Partai Demokrat, seperti mantan Presiden Barack Obama dan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi, menyuarakan kekhawatiran tentang peluang Biden untuk menang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas