Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kamala Harris

Kamala Harris adalah Wakil Presiden Amerika Serikat yang memulai masa jabatannya pada tahun 2020, di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kamala Harris
AFP/MANDEL NGAN
(FILE) Wakil Presiden AS Kamala Harris berbicara setelah mengunjungi acara mobilisasi vaksin di Phillis Wheatley Community Center di Greenville, Carolina Selatan pada 14 Juni 2021. - Joe Biden pada 21 Juli 2024 mengundurkan diri dari pemilihan presiden AS dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon baru dari Partai Demokrat. 

TRIBUNNEWS.COM - Kamala Harris adalah Wakil Presiden Amerika Serikat yang memulai masa jabatannya pada tahun 2020, di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden.

Ia mengawali karier sebagai Jaksa Distrik San Francisco dan Jaksa Agung California hingga menjabat sebagai Senator Amerika Serikat dan Wakil Presiden, Politico. melaporkan.

Namanya ramai dibicarakan manakala Biden, Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrat memutuskan untuk mengundurkan diri dan resmi mendukung Kamala Harris maju Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024 melawan Donald Trump.




Selengkapnya, simak profil Kamala Harris berikut ini:

Masa muda

Dikutip dari laman resmi White House, wanita dengan nama lengkap Kamala Devi Harris itu lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California.

Kamala Harris dibesarkan di lingkungan yang mayoritas penduduknya adalah orang Afrika-Amerika di Berkeley.

Ia diajak ke demonstrasi hak-hak sipil saat masih balita dan bernyanyi di paduan suara Baptis.

BERITA TERKAIT

Ibu Harris, Shyamala, beremigrasi dari India untuk kuliah di University of California, Berkeley.

Di bangku kuliah, ia bertemu ayah Harris yang kelahiran Jamaika, Donald.

Shyamala meniti karier sebagai peneliti kanker payudara yang terkenal, sementara Donald menjadi profesor ekonomi di Stanford University.

Baca juga: Sosok 3 Kandidat Capres AS Pengganti Joe Biden, Nama Kamala Harris Menguat, Obama Belum Bersikap

Ibunya juga memastikan, Harris dan adik perempuannya, Maya, mempertahankan ikatan dengan warisan India mereka dengan membesarkan mereka dengan kepercayaan Hindu dan membawa mereka ke negara asalnya setiap beberapa tahun.

Kedua orang tua Wakil Presiden aktif dalam gerakan hak-hak sipil, dan menanamkan komitmen dalam dirinya untuk membangun koalisi yang kuat yang memperjuangkan hak dan kebebasan semua orang.

Orangtua Harris bercerai saat ia berusia tujuh tahun, dan pada usia 12 tahun ia pindah bersama ibu dan saudara perempuannya ke Montreal, Quebec, Kanada.

lihat foto(FILE) Wakil Presiden AS Kamala Harris berpidato di US Capitol pada 6 Januari 2022, untuk memperingati hari jadi serangan di Capitol di Washington, DC. - Joe Biden pada 21 Juli 2024 mengundurkan diri dari pemilihan presiden AS dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon baru dari Partai Demokrat, dalam langkah mengejutkan yang mengubah persaingan luar biasa untuk memperebutkan Gedung Putih pada 2024. Biden, 81, mengatakan bahwa ia bertindak demi
(FILE) Wakil Presiden AS Kamala Harris berpidato di US Capitol pada 6 Januari 2022, untuk memperingati hari jadi serangan di Capitol di Washington, DC. - Joe Biden pada 21 Juli 2024 mengundurkan diri dari pemilihan presiden AS 2024 dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon baru dari Partai Demokrat. (Photo by Jim WATSON / AFP)

Pendidikan

Di Kanada, Kamala Harris belajar berbicara bahasa Prancis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas