Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Data Pribadi Sensitif 2 Ribu Personel Angkatan Udara Israel Ada di Hamas: Target Balas Dendam

Data yang ada di tangan Hamas berkat Iran berisi informasi pribadi sensitif tokoh-tokoh penting di IAF, termasuk kepala teknisi, spesialis, dan pilot

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Data Pribadi Sensitif 2 Ribu Personel Angkatan Udara Israel Ada di Hamas: Target Balas Dendam
NAVAIR
Para personel militer Angkatan Udara Israel. Hamas dilaporkan memiliki 2 ribu data pribadi para personel AU Israel sebagai target balas dendam atas pembunuhan anak-anak di Gaza dalam agresi militer Israel di wilayah kantung Palestina itu yang dimulai sejak 7 Oktober 2023 silam. 

Target Balas Dendam, Data Pribadi Sensitif 2 Ribu Angkatan Udara Israel Jatuh ke Tangan Hamas

TRIBUNNEWS.COM - Gerakan Pembebasan Palestina, Hamas mengklaim memiliki lebih dari 2.000 data rinci personel angkatan udara Israel.

"Hamas membocorkan dokumen rinci lebih dari 2.000 personel Angkatan Udara Israel (IAF)," tulis laporan surat kabar Israel Haaretz pada Senin (22/7/2024).

Baca juga: Jumlah Petempur Hamas vs Tentara Israel 1:20, Pakar Militer: Bukan Soal Banyak, IDF Gak Bisa Perang

File-file besar tersebut, dibuat sebagai bagian dari operasi pengumpulan intelijen Hamas, berisi informasi pribadi sensitif tentang tokoh-tokoh penting di IAF, termasuk kepala teknisi, spesialis pertahanan udara, dan pilot.

Berkas-berkas tersebut, diberi label dengan tujuan, "sebagai balas dendam atas para pembunuh anak-anak Gaza".

Tak main-main, data pribadi ini termasuk nama lengkap tentara, afiliasi unit, nomor ID, rincian kontak, akun media sosial, nama keluarga, dan dalam beberapa kasus, kata sandi, plat nomor, nomor kartu kredit, dan informasi rekening bank.

Laporan-laporan ini, yang panjangnya bervariasi dari beberapa halaman hingga lebih dari 200 halaman, telah beredar online selama berbulan-bulan.

BERITA TERKAIT

Baru belakangan ini data-data tersebut dibagikan kepada tim reporter investigasi internasional yang dipimpin oleh Paper Trail Media bekerja sama dengan Die Zeit dan ZDF dari Jerman, Der Standard dari Austria, dan Haaretz Israel.

Informasi dalam laporan tersebut tampaknya diperoleh dari kombinasi data yang bocor, peretasan situs web non-Pasukan Pendudukan Israel (IDF), pengikisan media sosial, dan database publik.

"Alat otomatis yang dikenal sebagai profiler digunakan untuk mengumpulkan dan melakukan referensi silang informasi ini, sehingga membuat profil terperinci tentang individu yang ditargetkan," tulis laporan RNTV, dikutip Rabu (24/7/2024).

Helikopter angkatan udara Israel terbang di atas perbatasan dengan Jalur Gaza dekat Israel selatan pada 2 Desember 2023,
Helikopter angkatan udara Israel terbang di atas perbatasan dengan Jalur Gaza dekat Israel selatan pada 2 Desember 2023, (JACK GUEZ / AFP)

Ancaman Serius

Para ahli di bidang keamanan siber dan keamanan nasional memperingatkan bahwa kebocoran ini merupakan ancaman yang serius.

Data tersebut berpotensi digunakan untuk berbagai aktivitas jahat, termasuk serangan balas dendam, doxxing, pengawasan-pengintaian, dan ancaman hukum terhadap individu yang terlibat.

Kolonel (res.) Dr. Gabi Siboni, seorang pakar perang dunia maya, menekankan bahayanya jika informasi tersebut jatuh ke tangan entitas yang bermusuhan seperti Hamas, Iran, dan Hizbullah.

Upaya untuk mengurangi dampak kebocoran ini diklaim telah berlangsung oleh pihak otoritas Israel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas