Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Iri saat Fatah dan Hamas Teken Deklarasi Beijing, Sebut PA Mustahil Kuasai Jalur Gaza

Israel mengkritik Fatah atas perjanjian dengan Hamas dalam Deklarasi Beijing yang menyatukan 14 faksi Palestina, sebut PA tak akan kuasai Jalur Gaza.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Yurika NendriNovianingsih
zoom-in Israel Iri saat Fatah dan Hamas Teken Deklarasi Beijing, Sebut PA Mustahil Kuasai Jalur Gaza
X
Kolase foto Yahya Sinwar, pemimpin Hamas di Jalur Gaza (kiri) dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (kanan). --- Israel mengkritik Fatah yang menandatangani Deklarasi Beijing dengan Hamas pada 23 Juli 2024. Deklarasi itu menyatukan 14 faksi Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengkritik gerakan Fatah yang dipimpin oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, karena menandatangani perjanjian dengan Hamas mengenai fase pascaperang di Jalur Gaza dalam Deklarasi Beijing.

"Hamas dan Fatah di Tiongkok menandatangani perjanjian untuk bersama-sama mengendalikan Gaza setelah perang," kata Israel Katz di akun X, Selasa (23/7/2024) hari ini.

"Hal ini tidak akan terjadi karena kekuasaan Hamas akan berakhir dan Abbas akan melihat Gaza dari jauh,” menurut klaimnya.

Kritik Israel muncul setelah Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengumumkan penandatanganan “Deklarasi Beijing” oleh faksi-faksi Palestina di ibu kota China, Beijing, hari ini.

Menurut Wang Yi, poin terpenting dalam deklarasi itu adalah kesepakatan untuk membentuk pemerintahan rekonsiliasi nasional sementara untuk mengelola Jalur Gaza setelah perang.

Sebelumnya, 14 faksi Palestina bertemu dan mengadakan dialog rekonsiliasi di Beijing pada 21-23 Juli 2024, menurut laporan China Central Television (CGTN).

Fatah dan Hamas kemudian menandatangani Deklarasi Beijing mengenai dialog rekonsiliasi yang mewakili faksi-faksi Palestina pada hari ini.

BERITA TERKAIT

Kementerian Luar Negeri China menyebutkan tiga langkah penting untuk mendukung persatuan dan kemerdekaan Palestina yang dicapai melalui Deklarasi Beijing.

China menekankan inisiatif ini akan berakhir dengan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

"Deklarasi Beijing juga memuat kesepakatan tentang persatuan semua faksi dalam kerangka Organisasi Pembebasan Palestina (PA)," kata Kementerian Luar Negeri China, Selasa (23/7/2024).

Sementara itu, faksi-faksi Palestina setuju untuk bersatu dan mewujudkan pemerintahan nasional Palestina di masa depan.

Baca juga: Fatah, Hamas, dan 12 Faksi Tanda Tangani Deklarasi Beijing, China Dukung Palestina Bersatu

Fatah dan Hamas Siap Bersatu

Setelah penandatanganan Deklarasi Beijing, juru bicara gerakan Fatah, Osama Al-Qawasi mengatakan Hamas telah memikirkan persatuan Palestina dengan matang.

"Kami sepakat untuk membentuk pemerintahan yang mencakup Tepi Barat dan Jalur Gaza," kata Osama Al-Qawasi kepada Al Arabiya hari ini.

Ia menekankan saat ini faksi-faksi Palestina fokus pada tekanan untuk menghentikan perang di Jalur Gaza.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas