Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Serangan Bom Mobil di Moskow Ditangkap Polisi Turki di Bodrum

Pelaku bom mobil di Ibu Kota Moskow, Evgenii Serebriakov, telah ditangkap di Bodrum, Turki.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Pelaku Serangan Bom Mobil di Moskow Ditangkap Polisi Turki di Bodrum
X
Pelaku bom mobil di Ibu Kota Moskow, Evgenii Serebriakov, telah ditangkap di Bodrum, Turki. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelaku insiden bom mobil di Ibu Kota Moskow, Rusia, Evgenii Serebriakov, telah ditangkap di Bodrum, Turki.

"Pelaku serangan bom di Rusia ditangkap di Bodrum," tulis Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, di X (sebelumnya Twitter), dikutip dari Anadolu Ajansi.

Yerlikaya mengatakan di X, pejabat Interpol Rusia menghubungi Departemen Interpol/Europol Turki pada pukul 10.30 pagi waktu setempat, melaporkan Serebriakov telah tiba di Turki menggunakan penerbangan Moskow-Bodrum.

Kepala Dinas Keamanan Federal (FSB), Alexander Bortnikov, mengatakan kepada wartawan, pria yang diduga melakukan serangan bom telah berhasil melarikan diri ke Turki, tempat otoritas Rusia sedang berupaya mengekstradisinya.

"Kami bekerja sama dengan Turki, tetapi kita lihat saja nanti," kata Bortnikov dalam sebuah video yang diunggah oleh saluran berita Telegram, Shot.

Penyelidikan mengungkapkan Serebriakov memasuki Turki melalui Bandara Bodrum di Provinsi Mugla pada pukul 09.40 pagi waktu setempat.

"Ia tidak dikenali karena ia tidak tercantum dalam Basis Data Orang yang Dicari Interpol Internasional dan tidak memiliki catatan UYAP (Sistem Informatika Peradilan Nasional) yang aktif," kata Yerlikaya.

BERITA TERKAIT

"Surat yang diterima dari unit Interpol Rusia cocok," imbuh dia, dikutip dariThe Moskow Times.

"Petugas polisi tengah melakukan serangkaian tindakan pencarian operasional yang bertujuan untuk mengungkap semua keadaan insiden tersebut, serta menahan orang-orang yang terlibat dalam tindak pidana tersebut."

Ledakan bom mobil lukai dua orang

Sebuah video yang dibagikan oleh saluran berita di Telegram menunjukkan ledakan dari mobil SUV terjadi tak lama setelah seorang pria masuk ke dalam kendaraan tersebut, Rabu (24/7/2024).

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia, Irina Volk, mengatakan dua orang terluka dalam insiden itu.

Baca juga: 12 Negara Merespons Putusan ICJ Semprot Sikap Israel, Termasuk Turki hingga Malaysia

Media Rusia, mengutip sumber anonim dari lembaga penegak hukum, melaporkan dua orang yang terluka dalam ledakan itu adalah perwira intelijen militer GRU, Andrei Torgashev dan istrinya.

Saluran berita Telegram Astra melaporkan Torgashev menjabat sebagai Wakil Kepala Unit yang berbasis di wilayah Moskow yang merupakan bagian dari pusat komunikasi satelit militer Rusia.

Menurut sumber tersebut, Torgashev dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi kritis setelah kedua kakinya putus akibat ledakan tersebut, TASS melaporkan.

lihat fotoEvgenii Serebriakov
Evgenii Serebriakov
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas