Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-885: Zelensky Puji Pasukannya usai Serang Pangkalan Udara Saky

Pasukan Rudal Ukraina menyerang lapangan udara militer Rusia di Krimea yang digunakan Moskow untuk melancarkan serangan jarak jauh, Jumat (26/7/2024).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-885: Zelensky Puji Pasukannya usai Serang Pangkalan Udara Saky
Twitter
Ilustrasi serangan terhadap Pangkalan Udara Rusia, Saky beberapa waktu lalu. - Terbaru, Pasukan Rudal Ukraina menyerang lapangan udara militer Rusia di Krimea yang digunakan Moskow untuk melancarkan serangan jarak jauh, Jumat (26/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-885 pada Sabtu (27/7/2024).

Pasukan Rudal Ukraina menyerang lapangan udara militer Rusia di Krimea yang digunakan Moskow untuk melancarkan serangan jarak jauh, Jumat (26/7/2024).

"Lapangan udara Saky Rusia di Krimea barat menjadi sasaran," kata Staf umum militer Ukraina, seraya menambahkan bahwa mereka sedang menghitung kerusakan yang ditimbulkan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky secara implisit mengakui serangan itu dalam pidato videonya pada malam harinya.

"Tentara kita yang menyerang pangkalan dan logistik Rusia di wilayah yang diduduki," katanya.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-885:

* Pangkalan Udara Saky adalah salah satu lapangan udara operasional yang digunakan Rusia untuk mengendalikan wilayah udara, khususnya Laut Hitam, dan untuk melancarkan serangan udara di wilayah Ukraina

Tidak ada komentar langsung dari Kementerian Pertahanan Rusia atau pejabat lokal yang ditunjuk Moskow.

BERITA TERKAIT

Pertahanan udara Rusia mencegat 12 pesawat nirawak Ukraina dalam waktu satu jam pada Jumat malam di atas wilayah perbatasan Rusia selatan Bryansk, kata gubernur wilayah tersebut, Alexander Bogomaz, di Telegram.

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan serius yang dilaporkan. Vyacheslav Gladkov, gubernur wilayah Belgorod, juga di perbatasan Ukraina lebih jauh ke tenggara.

Ada tiga serangan pesawat nirawak dan sejumlah insiden penembakan telah memecahkan jendela dan menyebabkan beberapa kerusakan lain pada bangunan.

Rusia telah menjatuhkan hukuman hingga 22 tahun kepada serangkaian orang yang dihukum karena pengkhianatan dan tuduhan "terorisme" yang terkait dengan serangan Moskow di Ukraina.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-884: Pesawat Pengebom Rusia dan China Terbang Bersama di Alaska

Pengadilan militer di Moskow memenjarakan dua orang pada hari Jumat karena diduga merencanakan untuk meledakkan tangki bahan bakar di bandara Sheremetyevo Moskow atas perintah dari dinas rahasia Ukraina.

Orang-orang itu, Mikhail Dariy dan Ilya Kovylkov, dijatuhi hukuman masing-masing 22 tahun dan 15 tahun atas "terorisme" dan tuduhan lainnya.

Dariy mengatakan, dia tidak melanjutkan serangan yang direncanakan karena dia ingin meminimalkan korban sipil, outlet media independen SOTAvision melaporkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas